Ratusan Wartawan Ikuti Orientasi dan KLW yang Digelar PWI Bali, 80 % Peserta dari Media Online

Sebanyak 106 wartawan dari berbagai media cetak, elektroinik dan olnline memgikuti orientasi KLW PWI Bali. (FOTO : Ist)

Beritabalionline.com – Untuk meningkatkan SDM Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menggelar orientasi  dan Karya Latihan Wartawan (KLW) di Gedung PWI Bali, Lumintang, Denpasar.. Acara itu dihadiri Pengurus PWI Provinsi Bali yang sekaligus jadi pemateri dalam kegiatan tersebut, Jumat (28/8/2020).

Mengusung tema “Pers Bermutu Bangsa Maju” peserta yang mengikuti kegiatan tersebut berjumlah 106 orang. Peserta Orientasi Anggota dan KLW tahun ini 80 persen berasal dari media online, sementara sisanya adalah media cetak dan elektronik.

Ketua Panitia, Emanuel Dewata Oja dalam sambutannya sangat mengapresiasi dan tidak menyangka minat peserta yang mengikuti kegiatan ini cukup tinggi. “Kegiatan ini sudah dipersiapkan sejak satu bulan lalu. Proses pendaftaran pun dilakukan secara ketat, dimana peserta atau calon anggota wajib melampirkan dokumen pers berbadan hukum di media masing-masing,” katanya.

Dalam kegiatan yang berlangsung sehari ini, peserta mendapatkan materi tentang Kode Etik jurnalistik dan Pedoman Penulisan Media Siber (PPMS) dan Pedoman Pemberitaan Ramah Anak, . Untuk penulisan berita yang baik dan benar dibuat wartawan yang propesional dapat dipertanggung jawabkan keasliannya.

“Wartawan jangan sampai bertanya seperti anak SMA, bertanya karena tidak tahu. Wartawan itu tahu dulu baru bertanya,” ujar Emanuel Dewata Oja.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua PWI Bali, Dwikora Putra menyampaikan rasa terimakasih setinggi-tingginya kepada seluruh peserta. Ia memaparkan, kegiatan Orientasi dan KLW ini menjadi hal wajib yang harus dilalui bagi calon anggota dan telah diputuskan pada Kongres PWI tahun 2018 di Solo.

“Calon anggota PWI wajib mengikuti Orientasi dan KLW. Di Indonesia jumlah anggota PWI saat ini sudah mencapai sekitar 15 ribu orang. Sementara anggota PWI Bali sebanyak 300 orang lebih. Apabila ditambah dengan peserta kali ini, jika semua lulus, maka jumlah anggota menjadi 400 orang lebih,” tuturnya.

BACA JUGA:  Delegasi Bangladesh Belajar Pembangunan dan Pengembangan Infrastruktur Kepada Pemkot Denpasar

Pihaknya berharap para anggota nantinya tidak hanya mencari rumah di PWI, tetapi juga bisa memberi penghidupan bagi PWI. “Saya berharap peserta yang sudah menjadi anggota PWI nanti bisa mempertanggungjawabkan keanggotaannya tersebut,”  tegasnya.

Dalam acara tersebut semua peserta yang mengikuti KLW dan dinyatakan lulus berhak mendapat Sertifikat  dan berhak menerima kartu anggota PWI Muda. (yes)