Tersesat di Gunung Batukaru, Seorang Warga Sempat Dilaporkan Hilang

Tim SAR gabungan saat mencari warga yang tersesat di Gunung Batukaru, Tabanan. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Seorang warga bernama AA Oka Ariawan dilaporkan hilang di Gunung Batukaru, Tabanan. Sebelumnya korban melakukan persembahyangan di di Pura Puncak Kedaton.

“Korban hilang setelah terpisah dari rombongan,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) Gede Darmada, Rabu (26/8/2020) di Denpasar.

Peristiwa bermula saat korban yang diketahui berasal dari wilayah Denpasar Utara ini menuju Pura Puncak Kedaton untuk bersembahyang bersama 23 orang lainnya, Selasa (25/8/2020) sekitar pukul 09.00 Wita.

Sore hari ketika hendak pulang, korban terpisah dari rombongan. Basarnas Bali yang memperoleh informasi sekitar pukul 22.50 Wita kemudian menerjunkan 11 orang personel ke lokasi kejadian.

Saat petugas tengah berada di ketinggian 1500 Mdpl untuk melakukan operasi pencarian, diperoleh info bahwa korban sudah ditemukan, Rabu (26/8/2020) sekitar pukul 06.21 Wita.

“Dalam keterangannya, korban mengaku turun melewati jalur barat Pura Luhur Petali, yang bukan jalur utama pada umumnya. Selain itu saat turun korban juga sempat mengalami kram,” jelas Darmada.

Agar tidak kembali terjadi peristiwa serupa, Darmada mengimbau kepada siapapun yang melakukan pendakian di gunung agar mempersiapkan logistik, fisik dan kemampuan mengenal alam bebas.

“Ini harus dilakukan hususnya bagi yang tidak terbiasa melewati jalur pendakian. Kemudian upayakan mengajak teman atau bersama rombongan saat mendaki gunung,” ucap Gede Darmada. (agw)

BACA JUGA:  Bawaslu Bali Serahkan Santunan Kepada Keluarga Ahli Waris Pengawas Pemilu yang Meninggal