5 Tahun Tak Diambil, Polisi Berencana Musnahkan Ratusan Kendaraan “BB”

Sepeda motor barang bukti yang numpuk di Mapolresta Denpasar. (FOTO : Agung Widodo/Beritabalionline.com)

Beritabalionline.com – Ratusan kendaraan roda dua menumpuk di areal parkir Satlantas Polresta Denpasar. Kendaraan tersebut merupakan barang bukti (BB) yang belum diambil pemiliknya.

“Jumlahnya lumayan banyak, sekitar 300 kendaraan,” kata Kasat Lantas Polresta Denpasar AKP Adi Sulistyo Utomo, Selasa (25/8/2020) di Mapolresta Denpasar.

Dilihat dari kondisinya sebagian besar kendaraan yang membuat tak nyaman pemandangan tersebut memprihatinkan. Bahkan tidak sedikit yang rusak parah akibat bekas kecelakaan.

“Campur, ada yang sitaan tilang ada juga sepeda motor bekas kecelakaan,” jelas Kasat Lantas.

AKP Adi menyebut, pihaknya sudah berulangkali menghubungi dan meminta pemilik kendaraan untuk mengambil. Ini lantaran kendaraan-kendaraan tersebut berada di Mapolresta Denpasar sudah cukup lama.

Namun dengan beragam alasan, masyarakat masih enggan mengambil kendaraan miliknya.

“Upaya sudah kami lakukan karena ada kendaraan berada disini sudah lebih dari 5 tahun. Sebagian beralasan tidak mau mengambil karena masih merasa trauma akibat kecelakaan, dan ada juga yang beralasan motor tersebut masih kredit,” kata Kasat Lantas.

Atas kondisi ini, Satlantas Polresta Denpasar berencana memusnahkan ratusan kendaraan jika tidak ada kepastian akan diambil oleh pemiliknya.

Agar tidak menyalahi aturan, pihak Polresta Denpasar berencana berkoordinasi dengan kejaksaan serta instansi terkait terkait upaya pemusnahan barang bukti.

“Sesuai prosedur tentunya kami akan berkoordinasi dengan kejaksaan dan instansi terkait apakah barang bukti bisa langsung dimusnahkan, atau menunggu persetujuan dari pemilik,” tegasnya. (agw)

BACA JUGA:  Kasus Baru Covid-19 di Bali Bertambah 48 Orang, Sembuh 24, Meninggal 1