Kemensos Tinjau Penyaluran BST di Karangasem

Mentri Sosial, Juliari P. Batubara saat memgunjungi Karangasem. (Foto: ist)

Beritabalionline.com – Menteri Sosial Republik Indonesia, Juliari P. Batubara tinjau langsung penyaluran bantuan sosial tunai (BST) yang berlangsung di Kantor Pos Padangbai, Manggis, Karangasem baru – baru ini.

Kedatangan Mentri Sosial yang didampingi oleh Dirjen PFM, Asep Sasa Purnama, Direktur PFM Wil II, I Wayan Wirawan bersama anggota Komisi IV DPR RI, Made Urip dan Doni Nariadi yang diterima langsung oleh Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri bersama Wabup, I Wayan Arta Dipa, dan Sekda Kabupaten Karangasem.

Dalam kesempatan tersebut, Mentri Sosial, Juliari P. Batubara mengatakan, kehadirannya ke Karangasem adalah untuk memastikan proses penyaluran bantuan dalam rangka Penanggulangan Covid-19 berjalan dengan lancar.

“Perintah Presiden, apabila ada kendala masalah di lapangan agar bisa segera diselesaikan di lapangan, baik itu di bidang teknis seperti data kurang tepat dan jam kerja yang harus diperpanjang untuk melayani banyak orang, ini sudah saya perintahkan dan sudah disanggupi oleh PT. Pos,” terangnya.

Pihaknya juga meminta agar pemerintah daerah benar – benar mengawal dalam proses pendataannya sehingga bantuan pemerintah yang disalurkan bisa benar-benar diterima oleh masyarakat yang memang berhak menerimanya.

Direktur Jaringan dan Jaringan Keuangan PT. Pos Indonesia, Ihwan Sutardianta mengatakan, Kantor Pos Padangbai merupakan bagian dari cabang utama di Karangasem, bagian kantor Pos Balinusra.

“Untuk kegiatan hari ini, kami menyerahkan BST tahap 4 – 5 kepada sebanyak 61 KPM. Untuk di Kecamatan Manggis jumlahnya sekitar 600 KPM dan Kabupaten Karangasem sebanyak 6100 KPM,” ungkap Sutardianta.

Menurutnya, pembayaran tahap satu dan tiga berjalan cukup lancar. Bahkan prosesnya lancar mencapai 99 persen, bahkan pihaknya menargetkan pembayaran tahap ke 4 dan 5 ditargetkan selesai di bulan Agustus 2020 ini serta meningkatkan performa hingga bisa tuntas sampai 100 persen.

BACA JUGA:  Anggaran Terbatas, Pemkab Gianyar Belum Sentuh Perbaikan Pasar Ubud

“Kami siap dengan cara menambah jaringan dan channel serta menambah jam layanan apabila diperlukan dan membawakan ke tempatnya untuk penerima yang disable demi mengejar target diakhir Agustus ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri mengucapkan selamat datang di Kabupaten Karangasem, baginya kehadiran Mentri Sosial bisa memberikan semangat ditengah situasi Pandemi Covid-19 yang berdampak terhadap seluruh sisi kehidupan.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Mas Sumatri juga meminta bantuan kepada Mentri Sosial berupa 1 bantuan mobil tangki untuk bantuan kekeringan. Serta stok dalam penanganan korban bencana, bantuan penyandang disabilitas dan lansia serta bantuan cube.

Menanggapi permintaan tersebut, Kemensos langsung merespon dimana pihaknya untuk segera bisa merealisasikan bantuan Cube itu. Hanya saja untuk yang lainnya pihaknya juga akan segera berkordinasi lebih lanjut. (tim)