1.308 KPM di Klungkung Terima Bansos Tunai Gelombang II

Penyakuran BST di Kabupaten Klungkung. (Foto: ist)

Beritabalionline. com – 1.308 keluarga penerima manfaat ( KPM) terdampak Covid-19 Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, yang tersebar di 12 desa dan kelurahan, menerima bantuan sosial (bansos) tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos).

“Kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah Yang Maha Kuasa, sehingga kita dapat bertemu pada Penyaluran BST yang bekerja sama dengan PT Pos Indonesia,” kata Menteri Sosial (Mensos) Juliari P. Batubara saat menyalurkan BST di Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali, Jumat (21/8/2020).

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengawali sambutan selamat datangnya menceritakan gambaran umum kondisi geografis dan perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Klungkung. Dihadapan Menteri Sosial, Juliari Batubara, Bupati Suwirta mengenalkan program yang telah dirancang dalam upaya mengurangi jumlah angka kemiskinan di Kabupaten Klungkung. Seperti program memberangkatkan anak dari keluarga miskin ke kapal pesiar dan program hidroponik masuk kk miskin. “Harapan kita dengan program tersebut warga miskin mendapat penghasilan tambahan dan bisa keluar dari kemiskinan,” ujar Bupati Suwirta.

Menteri Sosial Republik Indonesia, Juliari P. Batubara mengatakan Bantuan Sosial Tunai (BST) ini adalah program yang digagas Presiden untuk seluruh rakyat yang terdampak Covid-19 melalui Kementerian Sosial dan penyalurannya dibantu oleh PT. Pos Indonesia. Bantuan ini akan diteruskan sampai bulan Desember dengan besaran bantuan Rp. 300 ribu setiap bulan. Untuk bantuan kali ini merupakan tahap keempat dan kelima.

Menurut Mensos, selama pandemi Covid-19 ini tentu kegiatan ekonomi terpengaruh. Meski tidak bisa menggantikan penghasilan sepenuhnya tetapi setidaknya bisa mengurangi kesulitan dan beban warga dimasa pandemi ini.

“Apa yang kita berika ini mudah-mudahan juga bisa menggerakkan ekonomi lokal, bisa dibelanjakan di daerahnya masing-masing,” ujar Mensos Juliari Batubara.

BACA JUGA:  Sekda Bali Ajak Generasi Muda Teruskan Ajaran Sang Proklamator

Selain itu, Mensos berharap barang yang dijual atau disalurkan di E-Warong yang ada di Kabupaten Klungkung bisa di suplay dari produk Klungkung sendiri sehingga anggaran untuk bantuan pangan dari pusat bisa digerakkan di daerah masing-masing untuk menggerakkan ekonomi kerakyatan. Mensos Juliari Batubara juga berpesan agar ditengah situasi seperti sekarang protokol kesehatan bisa dijalankan dengan disiplin. “Mudah-mudahan warga Klungkung diberikan berkah yang melimpah dan kita bisa keluar dari Covid-19,” pungkasnya.

Sementara itu usai menyerahkan BST secara simbolis, Mensos Juliari Batubara didampingi Bupati Suwirta menyempatkan mengunjungi salah satu toko/tempat penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Desa Pesinggahan. (tim)