Satgas Minta Daerah Lain Tiru Bali Tangani Kasus Covid-19

Wiku Bakti Bawono Adisasmito.

Beritabalionline.com – Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito, meminta pemerintah daerah lain di Indonesia meniru provinsi Bali dalam menangani Covid-19. Bali disebut berhasil menurunkan angka kasus Covid-19 sejak Juli 2020 hingga sekarang.

“Kalau kita lihat di sini jumlah kasusnya total ada 4.158. Ini kontribusinya hanya 2,9 persen dari jumlah nasional. Sedangkan persentase kesembuhan 87,7 persen, di atas angka rata-rata dunia dan nasional. Persentase kematian 1,2 persen di bawah rata-rata nasional bahkan juga dunia,” jelasnya dalam konferensi pers, di Jakarta, Kamis (20/8/2020).

Wiku menyebut, untuk menekan kasus aktif dan meningkatkan angka kesembuhan, pemerintah daerah Bali membentuk satuan tugas Covid-19 sebelum gugus tugas nasional terbentuk. Pemda Bali juga menutup beberapa objek wisata, kegiatan keagamaan, acara adat, termasuk sabung ayam yang merupakan tradisi warga Bali.

“Hal-hal seperti ini telah dilakukan pimpinan di Bali dengan menggerakkan dan mengorganisir desa adat se-Bali dengan satgas gotong royong tersebut,” ujarnya.

Selain itu, Pemda Bali juga menggelar niskala dan sekala dalam rangka pencegahan Covid-19. Menyediakan hotel dan transportasi bagi para tenaga medis yang menangani Covid-19 serta menyiapkan tempat karantina untuk pekerja migran Indonsia dan ABK warga Bali dengan kapasitas dan kualitas layanan yang memadai.

“Sedangkan rapid test sudah dilakukan terhadap semua pekerja migran Indonsia dan ABK di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Pelabuhan Benoa dan Pelabuhan Gili Manuk,” sambung dia.

Wiku berharap, Pemda 33 provinsi di Indonesia mengikuti cara Bali menekan kasus Covid-19. Jika semua daerah melakukan hal yang sama, Indonesia segera terbebas dari ancaman Covid-19.

“Kalau kita lakukan seperti pulau Bali dan seluruh kabupaten kotanya tentu Indonesia memiliki potensi yang luar biasa untuk keluar dari Covid-19 ini,” kata Wiku mengakhiri. (itn)

BACA JUGA:  Polisi Gerebek Pabrik Sabu Berkedok Rumah