Izin Tinggal Habis Tak Mau Pulang, Bule Prancis Dideportasi

Proses pendeportasian bule Prancis. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Seorang warga negara Prancis bernama Gerard Claude Philippe Le Bourvellec (59) dideportasi ke negaranya oleh pihak Imigrasi Denpasar.

“Yang bersangkutan dideportasi karena izin tinggalnya telah habis namun masih berada di Indonesia,” terang Kepala Sub Bagian Humas Reformasi Birokrasi dan Teknologi Informasi Kanwil Kemenkumham Bali I Putu Surya Dharma, Rabu (19/8/2020) di Denpasar.

Dikatakan Surya Dharma, warga negara Prancis tersebut telah melanggar Pasal 78 ayat (3) Undang-undang Nomor : 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.

Proses pendeportasian pemegang dokumen perjalanan dengan nomor 12CC68987 yang dikeluarkan pemerintah Prancis ini dilakukan Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar.

Dengan pengawalan ketat, ia diberangkatkan melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai ke Jakarta, Selasa (18/8/2020) sekitar pukul 22.00 Wita.

Bule Prancis itu kemudian dideportasi menggunakan pesawat dengan tujuan Jakarta – Doha – Paris dari Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta, Rabu (19/8/2020) sekitar pukul 00.40 WIB.

“Selain dikenakan tindakan adminsitratif keimigrasian berupa pendeportasian, namanya juga dimasukkan dalam daftar penangkalan,” kata Surya Dharma. (agw)

BACA JUGA:  Satpol PP Denpasar Lakukan Pembinaan dan Rapid Test kepada Orang Tanpa Identitas dan ODGJ