1.634 Narapidana di Bali Terima Remisi HUT RI, 37 Langsung Bebas

Salah satu narapidana yang menerima remisi dalam rangka HUT ke-75 Kemerdekaan RI. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Sebanyak 1.634 narapidana penghuni Lembaga Pemasyarakatan (LP) di seluruh Bali menerima remisi bertepatan dengan HUT ke-75 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2020.

“Dari 1.634 narapidana yang memperoleh remisi, 37 orang narapidana langsung bebas,” kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali, Jamaruli Manihuruk, Senin (17/8/2020) di Denpasar.

Jamaruli menerangkan, penyerahan remisi umum dalam rangka HUT Proklamasi adalah hak Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang diberikan oleh negara bagi WBP yang telah memenuhi syarat atau berprilaku baik.

“Tentunya remisi ini diberikan kepada WBP yang sudah memenuhi kriteria dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku selama masa pembinaan di pemasyarakatan,” jelasnya.

“Ini penting bagi mereka sebagai bekal untuk dapat hidup secara normal setelah keluar dari Lapas sebagai wujud hak asasi manusia,” sambungnya.

Menurutnya, bagi WBP dan keluarganya hal ini merupakan suatu hal yang bagus dalam memberikan semangat untuk berbuat lebih baik dengan tidak mengulangi tindak pidananya sehingga nantinya mereka siap untuk dapat diterima kembali di lingkungan masyarakat.

Pemmberian remisi berlangsung di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kerobokan dengan disaksikan Forkompimda serta Mitra Pembinaan dan Pendidikan Warga Binaan
Pemasyarakatan.

Sebelumnya secara virtual, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengajak seluruh warga binaan untuk terus berperan aktif dalam mengikuti segala bentuk program pembinaan, senantiasa mematuhi aturan hukum dan mematuhi tata tertib di Lapas atau Rutan.

“Sehingga ini dapat menjadi bekal positif saat waktunya nanti kembali ke masyarakat,” kata Menkum HAM. (agw)

BACA JUGA:  Ditinggal ke Pura, Rumah Wayan Erna Disantroni Maling