Jelang Detik-detik Peringatan HUT RI, Masyarakat Diminta Hentikan Aktivitas Sejenak

Upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun lalu di Istana Negara, Jakarta. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Masyarakat diminta untuk menghentikan kegiatan sejenak menjelang detik-detik peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus 2020.

“Jadi nanti akan diperdengarkan sirene atau suara penanda lain sesaat sebelum lagu Indonesia Raya berkumandang. Di sana masyarakat khususnya pengguna jalan diminta menghentikan kegiatan sesaat,” kata Kasat Lantas Polresta Denpasar AKP Adi Sulistyo Utomo, Sabtu (15/8/2020) di Mapolresta Denpasar.

Untuk menghindari terjadinya kecelakaan lantaran dimungkinkan banyak kendaraan berhenti di jalan raya, personel kepolisian akan memberi pengumuman sebelum upacara berlangsung.

“Jadi pelaksanaan di pos-pos atau di traffic light. Sebelum upacara peringatan, anggota memberi pengumuman kepada para pengguna jalan bahwa akan ada penghentian kegiatan di lokasi tersebut,” jelasnya.

Peringatan HUT ke 75 RI digelar berbeda dari peringatan sebelum pandemi Covid-19. Tidak ada upacara dengan melibatkan banyak masyarakat di lapangan dan hanya dilakukan secara virtual.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyatakan bahwa perayaan HUT ke-75 RI pada tahun ini akan digelar dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Pemerintah mengajak seluruh masyarakat untuk ikut menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya secara serempak dan bersamaan dari rumah masing-masing.

“Di seluruh penjuru tanah air, agar dapat menyanyikan lagu indonesia raya saat 17 Agustus dilangsungkan. Ini diperkirakan pukul 10.15 pagi, pada saat jam 10 akan ada sirene panjang. Beberapa saat ada sirene lagi kita akan menyanyikan lagu Indonesia Raya,” kata Pratikno dalam konferensi pers, beberapa waktu lalu. (agw)

BACA JUGA:  Hujan Disertai Petir Landa Sebagian Wilayah Bali dalam Tiga Hari Kedepan