Lombok Diguncang Gempa Bumi, Getaran Dirasakan Sampai di Karangasem

Ilustrasi gempa.

Beritabalionline.com – Masyarakat di Kabupaten Karangasem merasakan getaran akibat gempa bumi. BMKG menyebut gempa yang terjadi berpusat di 20 km Barat Laut Lombok Utara dengan kedalaman 10 km.

“Gempa tersebut berkekuatan Magnitudo 3,9. Getaran gempa dirasakan masyarakat Karangasem, Lombok Barat dan Lombok Utara,” terang Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar, M. Taufik Gunawan, Selasa (11/8/2020) di Denpasar.

Dari keterangan masyarakat, getaran dirasakan nyata dari dalam rumah seolah ada truk hendak melintas, serta benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Hasil analisa BMKG, gempa bumi pada pukul 11.29 Wita merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar naik busur belakang (Flores Back Arc Thrust).

“Hal itu berdasarkan analisa dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya,” jelasnya.

Kendati demikian gempa bumi tidak berpotensi tsunami. Hasil monitoring BMKG juga belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ucap Gunawan. (agw)

BACA JUGA:  Oknum Pegawai Disdukcapil Gianyar Palsukan Akta Cerai