Bupati Karangasem Harapkan Dharmopadesa Beri Vibrasi Positif

Bupati IGA Mas Sumatri saat menghadiri Lokasabha Dharmopadesa se-Kabupaten Karangasem.(foto: ist)

Beritabalionline.com – Bupati Karangasem, I GA Mas Sumatri mengajak para sulinggih untuk tetap kuat dan kukuh melaksanakan kewajiban sebagai suliggih pada acara Lokasabha Dharmopadesa Sulinggih se-Kabupaten Karangasem yang digelar di Griya Suci Sibetan, Karangasem, Senin (10/8/2020).

Dharmopadesa adalah lembaga keagamaan dan kebudayaan guna mewujudkan pasemetonan se-keturunan Ida Dang Hyang Nirartha dan Ida Bhatara Lelangit Ida Dang Hyang Astapaka.

Selaku Bupati Karangasem dan Penglingsir Wangsa Ksatria, Mas Sumatri dalam kesempatan tersebut berharap agar organisasi pesemetonan yang menghimpun seluruh Pedanda atau sulinggih se-Kabupaten Karangasem ini dapat memberikan vibrasi positif dan bisa menjadi pendukung pemerintah dalam menjaga Bali secara niskala.

“Saya berharap melalui organisasi ini, para sulinggih tetap mendoakan Bali. Tetap menjalankan kewajibannya sebagai seorang sulinggih dengan prinsip dan komitmen yang kuat, kukuh, teguh, dan tidak setengah-setengah sehingga dapat membantu pemerintah menjaga Bali secara niskala,” ujarnya.

Mas Sumatri juga berpesan agar Dharmopadesa menjadi sebuah organisasi sulinggih yang kuat fondasinya, harus kuat dan kukuh untuk menjadi pendukung penyelenggaraan kegiatan pemerintah dalam hal memberikan masukan, dan membantu pemerintah dalam menjaga keseimbangan secara niskala.

Sementara itu Ida Made Alit selaku Ketua Panitia Penyelenggara Acara Lokasabha Dharmopadesa menghaturkan ucapan terimakasih kepada para Pedanda Siwa-Budha yang telah berkenan hadir. Ia juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat yang sudah berkenan berpunia dalam acara tersebut.

Ida Made alit juga mengatakan tujuan kegiatan ini untuk melakukan pertemuan dan membentuk sebuah kepengurusan yang akan mengelola organisasi pasemetonan se-keturunan Ida Dang Hyang Nirartha dan Ida Bhatara Lelangit Dang Hyang Astapaka di Kabupaten Karangasem.
Ida Made Alit meminta kepada para Pedanda atau sulinggih yang hadir untuk selalu mendoakan Bali serta seluruh dunia agar bisa terhindar dan terbebas dari pandemi Covid-19.

BACA JUGA:  KPID Provinsi Bali Buka Pendaftaran Komisioner Periode 2021-2024

“Saya berharap agar Ida Pedanda semua selalu mendoakan Bali dan dunia agar terbebas dari pandemi Covid-19,” ucapnya.

Dalam kesempatan ini turut hadir Perwakilan Dharmopadesa Pusat Nusantara Pedanda Siwa Budha, Walaka Warih Ida Bhatara Dang Hyang Diwjendra, Walaka Ida Bhatara Dang Hyang Astapaka yang akan mengikuti rangkaian acara Lokasabha Dharmopadesa Kab. Karangasem dan Kepala Dinas Kebudyaan serta Camat Abang mendampingi Bupati Karangasem. (jab)