51 Prajurit Kodam Udayana Terpapar Corona, 46 Dinyatakan Sembuh, Sebagian Donorkan Plasma Darahnya

Prajurit Kodam IX/Udayana donorkan plasma darahnya. (FOTO : Agung Widodo/Beritabalionline.com)

Beritabalionline.com – Sebanyak 51 prajurit TNI dan PNS di jajaran Kodam IX/Udayana terpapar Covid-19. Hal itu diungkapkan Pangdam Udayana Mayor Jenderal TNI Kurnia Dewantara.

“Dari 51 orang personel yang terpapar Covid, 46 sudah sembuh dan yang lain masih dalam perawatan,” terangnya dalam donor plasma konvalesen di Aula Makorem 163/Wira Satya, Denpasar, Selasa (11/8/2020).

Sebagian dari prajurit dan PNS di lingkungan Kodam IX/Udayana yang sudah sembuh saat ini mengikuti donor plasma konvalesen. Pelaksanaan donor menggandeng PMI Provinsi Bali serta beberapa rumah sakit di Bali.

Hasil donor nantinya digunakan untuk terapi guna membantu mempercepat penyembuhan pasien Covid-19, mulai dari tingkat sedang hingga berat.

“Untuk yang mengikuti donor plasma konvalesen ada 28 orang. Sementara yang saat ini sedang menjalani terapi hasil donor plasma ada satu orang,” kata Pangdam.

Dijelaskan Mayjen TNI Kurnia, hingga kini belum ada obat atau vaksin yang mampu untuk menangkal penyebaran Covid-19.

Hal tersebut mendorong Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa menginisasi dilakukannya donor plasma oleh prajurit TNI yang sudah sembuh dari Covid.

“Atas inisiasi Bapak Kasad, saya selaku Pangdam berupaya untuk bisa menjabarkan itu di Bali,” ucap Pangdam.

Dilanjutkan, jika nantinya terapi plasma memperoleh hasil baik, tidak menutup kemungkinan akan dikembangkan di RSAD Denpasar. Untuk itu berbagai persiapan dilakukan oleh Kodam IX/Udayana. (agw)

BACA JUGA:  Sambut Penerbangan Internasional, BPPD Denpasar Ingatkan Konsistensi Penerapan Prokes