Sasar Rumah Kosong, Pria Pengangguran Embat Perhiasan Senilai Puluhan Juta Rupiah

Pelaku pencurian saat ditangkap polisi. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Polisi menangkap pria bernama Gede Bagus Surya Adinata (20) lantaran melakukan aksi pencurian di sebuah rumah Jalan Tirta Akasa nomor 5A, Sanur Kauh, Denpasar Selatan.

“Pelaku mengambil barang berupa handphone dan perhiasan hingga mengakibatkan pemilik rumah menderita kerugian Rp54 juta,” terang Kasat Reskrim Polresta Denpasar Kompol I Dewa Putu Gede Anom Danujaya, Senin (10/8/2020) di Mapolresta Denpasar.

Dari keterangan korban bernama Atminah, peristiwa bermula saat ia keluar rumah untuk membeli makan siang, Kamis (8/6/2020) sekitar pukul 13.30 Wita.

Sore hari saat pulang, korban tidak menemukan handphone dua buah handphone miliknya yang ditaruh di atas meja di dalam kamar.

“Selain itu, sebuah cincin emas putih bermata berlian, sebuah kalung emas dan liontin, sebuah gelang emas, dan sebuah kalung emas Hongkong yang disimpan di dalam laci juga tidak hilang,” kata Kasat Reskrim.

Polisi yang menerima laporan dari korban kemudian melakukan olah TKP. Di sana diketahui pelaku masuk kedalam rumah dengan cara memanjat tembok dan mencongkel jendela menggunakan sapu.

“Saat kejadian rumah dalam keadaan kosong, dan pintu kamar korban tidak terkunci,” papar Kompol Dewa Anom.

Hampir dua bulan melakukan penyelidikan, tim Resmob Satreskrim Polresta Denpasar mendapat titik terang dan berhasil mengidentifikasi pelaku.

Upaya petugas membuahkan hasil dan menangkap pelaku di Jalan Imam Bonjol, Denpasar Barat, Kamis (6/8/2020) sekitar pukul 17.00 Wita.

Dari hasil interogasi, pelaku mengaku telah melakukan aksi pencurian serta barang berupa handphone serta perhiasan telah habis dijual di beberapa tempat terpisah.

“Dalam penangkapan, kami mengamankan sebuah handphone. Dari pengakuan pelaku, barang yang lain sudah habis dijual,” beber Kasat.

BACA JUGA:  Polisi Tetapkan 5 Orang Tersangka Kasus Penebasan Sadis di Monang-maning

Pelaku yang disebut tidak memiliki pekerjaan ini dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian disertai pemberatan dengan ancaman penjara selama 7 tahun. (agw)