Gianyar Berharap Pemerintah Tegas Beri Sanksi Pada Pengedar Rokok Elektrik

Wakil Bupati Gianyar AA Gde Mayun menyematkan pin dan mengajak anak-anak Gianyar untuk selalu gembira.(foto: ist)

Beritabalionline.com – Hari Anak Nasional (HAN) diperingati secara virtual di Kabupaten Gianyar, bertempat di Command Center Kabupaten Gianyar, Minggu (9/8/2020). Peringatan mengusung tema “Anak Terlindungi Indonesia Maju”, dan tagline #AnakIndonesiaGembiradiRumah.

Pada kesempatan itu tampak Wakil Bupati Gianyar AA Gde Mayun menyematkan pin dan mengajak anak-anak Gianyar untuk selalu bergembira.

Peringatan HAN tahun 2020 berbeda dengan kegiatan serupa tahun-tahun sebelumnya. HAN kali ini menghadapi tantangan karena adanya pandemi Covid-19 yang juga berdampak pada anak-anak.

Namun demikian, anak-anak dihadapkan tetap berkegiatan dengan menerapkan aturan protokol kesehatan secara ketat. Seperti dijelaskan oleh Ketua Panita HAN 2020 Kabupaten Gianyar Dewa Ngakan Gede Mahadewa secara virtual, bahwa peringatan HAN merupakan kegiatan yang menjembatani dan mewadahi kreativitas anak-anak di Kabupaten Gianyar guna mempersiapkan anak-anak yang kreatif.

Peringatan HAN juga merupakan sarana untuk melaksanakan program tahunan Forum Anak Daerah (FAD) Gianyar. Pada puncak peringatan juga akan diisi dengan pelantikan pengurus FAD Kabupaten Gianyar periode 2020-2022, ucapnya.

Pada kesempatan itu, Duta Anak Gianyar IB Willie Pramudita dan Gusti Ayu Made Mirah Rismayanti menyampaikan suara anak Gianyar hasil sidang FAD 2020, disaksikan oleh perwakilan anak-anak se-Kabupaten Gianyar secara virtual.

Mereka senada menyuarakan aspirasi anak Gianyar, di antaranya memohon kepada Pemkab Gianyar agar mempertegas sanksi pada pengedar rokok elektrik dan miras di kalangan anak-anak, sehubungan jenis ini sangat mengganggu kesehatan.

Selain itu, anak-anak Gianyar juga berharap agar pemerintah lebih mengoptimalkan pendidikan kluster pada anak, serta mengimbau kepada masyarakat untuk berperan aktif sebagai agen pelapor pada upaya menekan angka pelecehan seksual pada anak.

BACA JUGA:  PPDB di Gianyar Terapkan Sistem Daring

Masyarakat, khususnya di kalangan orang tua, diimbau juga untuk lebih ketat mengawasi penggunaan medsos di kalangan anak-anak. Dan seluruh anak di Kabupaten Gianyar berjanji akan membantu Pemkab Gianyar mendukung dan merealisasikan Gianyar sebagai kabupaten layak anak.

Wakil Bupati Gianyar AA Gde Mayun pada kesempatan itu berharap, seluruh anak-anak di Kabupaten Gianyar tetap bergembira dan sehat dalam menghadapi suasana pandemi Coved-19. Kurangi kesempatan bermain di luar rumah bersama teman, dan belajar secara tatap muka di sekolah harus disikapi dengan hati yang gembira.

“Jangan sampai suasana pandemi membuat kalian merasa terbebani, tetaplah berkreativitas dan belajar namun jangan pernah lupa tetap disiplin dengan semua aturan protokol kesehatan,” kata Wabup Agung Mayun, berpesan.

Wabup Agung Mayun tak lupa juga mengapresiasi FAD Kabupaten Gianyar atas semua pengabdiannya demi pemenuhan hak anak di Kabupaten Gianyar.

Sementara itu, Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Gianyar Ny Diana Dewi Agung Mayun saat menyapa anak-anak Gianyar, berharap agar mereka tidak merasa stress maupun jenuh karena harus beraktivitas di rumah, baik itu saat belajar, sekolah maupun bermain secara daring.

Istri dari Wakil Bupati Gianyar Agung Mayun ini berharap agar anak-anak bisa mengalihkan rasa jenuh itu dengan berbagai aktivitas yang menyenangkan di rumah bersama keluarga.

“Bersabar ya, semoga pandemi ini cepat berlalu dan kalian bisa beraktivitas dan bersekolah seperti dulu lagi,” kata Ny Diana Dewi di hadapan anak-anak pada peringatan HAN 2020 tersebut.

Hadir pada peringatan HAN 2020 di Kabupaten Gianyar, Sekda Gianyar Made Gede Wisnu Wijaya, Kadis DP3AP2KB Cok Gde Bagus Lesmana Trisnu, Kadis Pendidikan I Wayan Sadra, dan Wakil Ketua II TP PKK Kanupaten Gianyar Ny Dwikorawati Wisnu Wijaya. (yes)