Gempa Tiga Detik Buat Panik Warga Sumba Barat Daya

Pusat gempa bumi di Sumba Barat Daya. (FOTO : ist) 

Beritabalionline.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan telah terjadi gempa Magnitudo 5,0 di Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

“Gempa terjadi tadi sekitar pukul 11.52 WIB. Warga Kabupaten Sumba Barat Daya merasakan gempa kuat sekitar 3 detik,” terang Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati dalam siaran pers, Minggu (9/8/2020)

BMKG merilis gempa berlangsung pada kedalaman 10 km dengan pusat gempa berada di laut 25 km barat daya Kodi, Sumbar Barat Daya.

“Berdasarkan keterangan pemerintah setempat, warga panik dan keluar rumah karena merasakan gempa yang kuat,” ucapnya.

Dijelaskan, dari hasil catatan PVMBG, sebelumnya pada 5 Agustus 2020 terjadi gempa bumi di sekitar lokasi pusat gempa bumi hari ini yang diakibatkan oleh sesar normal.

“Sesar normal tersebut terbentuk akibat proses penunjaman antara lempeng Eurasia dan mikro kontinen pada akhir Jaman Kapur di selatan Pulau Sumba,” paparnya.

Selain itu, sehari sebelumnya PVMBG mencatat telah terjadi gempa sebanyak tiga kali. Gempa pertama pada pukul 17.17 WIB dengan pusat gempa berjarak 38,7 km barat daya Kota Tambolaka, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur.

“Gempa tersebut berkekuatan M5,0 dengan kedalaman 10 km,” kata Raditya Jati.

Gempa kedua terjadi pada 17.23 WIB dengan pusat gempa 61,6 km selatan-barat daya Kota Tambolaka. Gempa memiliki magnitudo 5,5 dan kedalaman 10 km.

Sedangkan kejadian ketiga, gempa terjadi pada pukul 17.45 WIB berlokasi pada 57,4 km selatan – Barat Daya Kota Tambolaka dengan kedalaman 10 km.

“Masyarakat Indonesia diimbau selalu siap siaga dan waspada dalam menghadapi potensi gempa bumi,” ucap Raditya. (agw)

BACA JUGA:  Setelah KAMI Giliran KITA yang Gelar Deklarasi