Bupati Suwirta Minta Pelaku Usaha di Klungkung Maksimal Salurkan Produk Lokal

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, Jumat (7/8/2020) melaksanakan acara sosialisasi mengenai produk UMKM yang diselenggarakan di ruang rapat Praja Mandala Kantor Setda Klungkung. (foto: ist)

Beritabalionline.com – Komitmen Bupati Klungkung terhadap Produk Lokal sangat tinggi, hal tersebut dapat dilihat dari gencarnya beliau melakukan marketing terhadap Produk lokal.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta didampingi Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Kabupaten Klungkung, Wayan Ardiasa, dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Klungkung Luh Ketut Ari Citrawati dalam acara sosialisasi mengenai produk UMKM Klungkung yang diselenggarakan di ruang rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, pada Jumat (7/8/2020).

Dalam Sosialisasi tersebut, Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menyampaikan pada masa pemerintahan beliau dalam mendukung Produk Lokal.
“Pemkab Klungkung sudah mengadakan pasar Tani dan melibatkan ASN di lingkungan Kabupaten Klungkung untuk membeli dan memakai Produk Lokal seperti Beras dan Garam Beryodium hasil produksi Petani di Kabupaten Klungkung,” ujarnya.

Bupati Suwirta memerintahkan kepada pemilik toko/Swalayan, supermarket maupun minimarket yang ada di Kabupaten Klungkung supaya dapat secara maksimal menyalurkan produk lokal, dan mempersiapkan tempat khusus bagi Produk lokal yang akan dipasarkan lengkap dengan tulisan yang menggambarkan kepedulian Pemilik toko/swalayan, minimarket maupun supermarket di Klungkung terhadap Produk lokal dan produk lokal dapat dimasukkan kedalam list harga bersama barang atau produk yang diperjualbelikan.

Bupati Suwirta juga mengingatkan pemilik toko/swalayan, Minimarket, supermarket maupun pasar berjejaring agar memperhatikan surat ijin beroperasi, jangan sampai ijin beroperasi tidak diperpanjang yang menyebabkan tempat usaha menjadi tutup.

Bupati Suwirta meminta pemilik pasar berjejaring Agar ikut memasarkan produk lokal. Bupati Suwirta kedepannya akan melakukan evaluasi kepada Koperasi, toko/swalayan, Minimarket, supermarket maupun pasar berjejaring dalam keterlibatan memasarkan produk lokal UMKM.

Bupati Suwirta meminta kepada Pegawai Koperasi, BUMDES, Toko/Swalayan di Kabupaten Klungkung agar memakai Pakaian endek, dengan bahan dari produk lokal minimal 2 kali dalam seminggu pada saat bekerja dan meminta kepada Pegawai Koperasi, BUMDES, Toko/Swalayan agar dapat mengedukasi pembeli mengenai keunggulan dari produk lokal yang dijual, sehingga dapat menarik minat pembeli untuk membeli produk lokal tersebut.
Bupati Suwirta mengharapkan UMKM Klungkung untuk berinovasi dan membuat produk yang bisa digunakan atau dikonsumsi sehari-hari. Dan bekerjasama dengan UMKM sejenis dalam rangka memajukan produk Lokal.

Bupati Suwirta meminta kepada pemilik UMKM bagi Produk lokal yang dapat distandarisasi, terutama menyangkut masalah ijin, agar segera diurus mengenai izin produk tersebut agar dapat segera dipasarkan.

Apabila produk baik perorangan maupun kelompok yang dihasilkan menyangkut mengenai Geografis, Budaya, harap mengurus Indikasi Geografis (IG) Agar Produk Lokal Klungkung tidak diklaim oleh UMKM lainnya, izin Standar Nasional Indonesia (SNI) dan untuk produk lokal makanan harus memiliki Izin edar dari BPOM.

Bupati Suwirta menambahkan dirinya meminta ASN di Lingkungan Pemkab Klungkung untuk membeli dan menggunakan produk lokal.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Klungkung, I Gede Kusumajaya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Klungkung, I Wayan Durma, Kepala Baperlitbang Kabupaten Klungkung, I Wayan Wasta, Pemilik maupun Pegawai Bumdes, Koperasi dan Toko/Swalayan minimarket dan supermarket serta pasar berjejaring di Kabupaten Klungkung. (tim)