Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin Ingatkan Anggota SMSI Tak Sebarkan Berita Hoax

Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin (lima dari kiri) usai membuka Bintek SiberIndo.co.

Beritabalionline.com – Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin mewanti-wanti perusahaan siber yang tergabung dalam Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) tidak memuat berita bohong, menyebarkan kebencian dan mendiskreditkan pihak tertentu.

“Karena hal itu selain dapat dijerat hukum dengan pasal 28 UU ITE, juga tidak bermanfaat untuk bangsa di tengah pandemi ini,” ujar Azis Syamsuddin tatkala membuka bimbingan teknis siberindo.co di Kota Tangerang, Rabu (5/8/2020).

Bimbingan teknis untuk penguatan news room SMSI di Kota Tangerang berlangsung dua hari dan ditutup Ketua SMSI Pusat, Firdaus, Kamis (6/8/2020). Bimbingan teknis diikuti utusan dari SMSI seluruh Indonesia.

Selain tidak memuat berita hoax, Azis Syamsuddin juga berharap agar SMSI berperan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. “Saya berharap SMSI memiliki peranan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa,” kata Azis Syamsuddin.

Azis mengatakan, negara akan maju apabila minat membaca rakyatnya tinggi. Karenanya ia juga mendorong SMSI dapat mencetak para penulis handal, yang bukan hanya sekedar menulis berita di media, namun dapat ditingkatkan hingga menulis buku. Sehingga, kata Azis, dengan menulis tadi bukan hanya turut berkontribusi mencerdaskan bangsa, namun menjadi peluang bisnis baru.

Azis juga mengajak seluruh peserta bintek siberindo.co dari seluruh pelosok Indonesia untuk melaksanakan pekerjaannya dengan sebaik-baiknya agar menjadi amal ibadah bagi dirinya masing-masing.

“Agar kita semua menjadi bermanfaat bagi bangsa dan menjadi ibadah bagi kita,” ajak Azis yang juga sudah tiga periode berturut menjadi anggota DPR RI itu.

Hadir pada acara tersebut Ketua Umum SMSI Pusat Firdaus, Sekretaris Jenderal SMSI HM Untung Kurniadi, Ketua Dewan Pakar SMSI Pusat Hendry Ch. Bangun, Anggota Komisi I DPR RI Bobby Adhitiyo Rizaldi dan 13 perwakilan pengurus SMSI Provinsi.  (rls)