Dua WN Rusia yang Menyalahgunakan Izin Tinggal dan gelar Yoga Massal di Bali Akhirnya Dideportasi

Kedua WN Rusia saat dideportasi ke negaranya. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Dua warga negara (WN) Rusia bernama Rodion Antonkin (39) dan Albina Mukhamadullina (39) yang membuat heboh lantaran menggelar meditasi massal di Ubud akhirnya dideportasi ke negaranya.

“Sebelum dideportasi mereka ditempatkan di Rumah Detensi Imigrasi Denpasar,” terang Humas Kanwil Kemenkumham Bali I Putu Surya Dharma, Minggu (2/8/2020) di Denpasar.

Lantaran dari Bali belum dibuka penerbangan keluar negeri, keduanya terlebih dulu diterbangkan ke Jakarta, Sabtu (1/8/2020) sekitar pukul 13.30 Wita.

Tiba di Jakarta, keduanya langsung digiring menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta. Sekitar pukul 20.10 WIB, kedua warga asing tersebut diberangkatkan ke negaranya dengan menggunakan pesawat Turkish Airlanes Nomor penerbangan TK 0057.

“Keduanya dikawal empat petugas Rudenim Denpasar saat proses deportasi,” kata Surya Dharma.

Diberitakan sebelumnya, Rodion Antonkin dan Albina Mukhamadullina diamankan petugas lantaran keduanya mengadakan yoga dengan mendatangkan banyak orang di Arte Villa, Ubud, Gianyar.

Selain dideportasi, Antonkin dan Albina yang diketahui masuk ke Indonesia pada tanggal 4 dan 14 Maret 2020 dengan menggunakan bebas visa ini dimasukkan dalam daftar tangkal.

“Hasil pemeriksaan, keduanya telah terbukti menyalahgunakan izin tinggalnya BVK (exemption). Yang bersangkutan melakukan pelanggaran Pasal 122 huruf a Jo. Pasal 75 ayat 1,” jelas Surya Dharma. (agw)

BACA JUGA:  UMKM Terdampak Covid-19 Dapat Dana Stimulus