Tiga Warga Nigeria Diamankan Petugas Imigrasi Denpasar

Petugas Imigrasi Denpasar saat mengamankan warga asing asal Nigeria. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Tiga warga negara asing asal Nigeria bernama Henry Monday Ugwani, Emeka Joseph Anyakee dan Ugochukwu Godson Eze diamankan petugas Imigrasi.

“Ketiga warga asing tersebut sudah tidak memiliki izin tinggal di Indonesia karena sudah berakhir lebih dari 60 hari,” terang Kepala Sub Bagian Humas Reformasi Birokrasi dan Teknologi Informasi Kanwil Kemenkumham Bali I Putu Surya Dharma, Rabu (29/7/2020) di Denpasar.

Terungkapnya kasus ini berawal dari informasi yang diterima Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar bahwa ada tiga warga asing diindikasikan tidak memiliki izin tinggal keimigrasian, Minggu (24/6/2020).

Informasi ditindaklanjuti pihak imigrasi dengan melakukan penyelidikan. Sebulan melakukan penyisiran, ketiganya diketahui berada di sebuah rumah kos elit Jalan Pura Demak, Denpasar Barat.

Sebanyak 18 petugas imigrasi kemudian mendatangi kos tersebut guna melakukan pemeriksaan terhadap warga asing, Senin (27/7/2020) sekitar pukul 10.00 Wita.

Dari pasport yang dimiliki ketiganya akhirnya diketahui jika masa tinggal mereka telah habis.

“Tim kemudian membawa ketiga WNA Nigeria tersebut ke Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar untuk dimintai keterangan mengenai kegiatan yang dilakukan,” beber Surya Dharma.

Dari hasil interogasi terungkap bahwa tujuan mereka datang ke Indonesia untuk ikut seleksi di sebuah klub sepakbola. Ketiganya juga mengaku tidak memiliki biaya hidup untuk pulang ke negara asalnya.

“Saat ini ketiga orang tersebut ditempatkan di rumah detensi imigrasi Bali. Untuk waktu pendeportasian masih menunggu pesawat menuju Nigeria,” jelasnya. (agw)

BACA JUGA:  Jelang Idul Fitri, Kanwil Agama Bali Bagikan Sembako ke Warga NU Buleleng