Terlibat Kasus Kejahatan Keuangan di Amerika, Buron Interpol Dibekuk Polda Bali

Kapolda Bali saat rilis penangkapan buron Interpol. (FOTO : Agung Widodo/Beritabalionline.com)

Beritabalionline.com – Polda Bali menangkap warga asing asal Amerika Serikat bernama Beam Marcus (50). Marcus merupakan buron Interpol atas kasus kejahatan keuangan di Amerika Serikat.

“Yang bersangkutan ditangkap oleh tim Ditreskrimum Polda Bali tadi malam di sebuah villa daerah Badung,” kata Kapolda Bali Irjen Pol. Petrus Reinhard Golose saat ekspose penangkapan buron Interpol, Jumat (24/7/2020) di Mapolda Bali.

Modus yang dilakukan pelaku yakni menawarkan investasi di negaranya. Setelah terkumpul, uang sebesar 500.000 dollar Amerika Serikat atau lebih dari Rp7 triliun tersebut digunakan untuk kepentingannya sendiri.

“Jadi dia ini mengaku sebagai manager investasi. Pada saat uang telah terkumpul, dia gunakan untuk keperluan sendiri,” kata Kapolda.

Pelaku kemudian ditangkap polisi setempat. Ia tidak ditahan lantaran ada jaminan dari pengacaranya. Namun pada saat kasusnya masuk ke persidangan, ia kabur ke Indonesia.

Beam Marcus diketahui masuk ke Bali bulan pada Januari 2020. Agar lolos dari pemeriksaan petugas di bandara, pria kelahiran Wisconsin, USA, 23 Juli 1970 ini menggunakan identitas dan pasport palsu.

Polda Bali yang menerima laporan adanya buron Interpol kabur ke Bali kemudian melakukan penyelidikan dan berhasil menangkap pelaku di seputaran Badung, Kamis (23/7/2020) malam.

“Yang bersangkutan untuk sementara kita amankan di sini sambil proses pemeriksaan,” tegas Kapolda. (agw)

BACA JUGA:  Beraksi di 5 TKP, Pencuri Motor Asal Banyuwangi Dihadiahi Timah Panas