Dituntut 15 Tahun Penjara, Pengedar Narkoba Minta Keringanan Hukuman

Terdakwa Rangga Triputra Supermen. (FOTO : SAR)

Beritabalionline.com – Terlibat dalam kasus tindak pidana narkotika, pria bernama Rangga Triputra Supermen (30) dituntut pidana penjara selama 15 tahun. Ia dituntut tinggi lantaran saat ditangkap ditemukan barang bukti 50 butir ekstasi dan sabu seberat 0,45 gram.

Dalam sidang, Jaksa Penuntut Umum (JPU) I Kadek Topan Adhiputra menjerat terdakwa dengan dakwaan primair yakni Pasal 114 ayat (2) Undang-undang RI nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

“Mohon kepada majelis hakim menjatuhkan pidana penjara selama 15 tahun dikurangi selama terdakwa dalam masa penahanan, serta denda sebesar Rp2 miliar jika tidak dibayar diganti pidana penjara 6 bulan,” kata jaksa di hadapan majelis hakim yang diketuai Ketut Kimiarsa, Kamis (23/7/2020) di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar.

Mendengar tuntutan, terdakwa melalui kuasa hukumnya dari Posbakum Peradi Denpasar melakukan pembelaan dengan meminta keringanan hukuman.

Kasus yang menjerat terdakwa berawal saat ia dihubungi oleh seseorang bernama Doni yang menyuruhnya mengambil tempelan 4 paket sabu di Jalan Dewi Sri, Kuta, Badung, Jumat (21/2/2020) sekitar pukul 23.00 Wita.

Setelah diambil, Doni kembali menyuruh terdakwa menempel tiga paket sabu tersebut di Jalan Sunset Road, Kuta, Badung.

“Sedangkan yang satu paket dibawa pulang terdakwa ke kosnya,” urai jaksa dari Kejati ini.

Esok harinya, terdakwa dihubungi Doni dan kembali menyuruh mengambil paket ekstasi di Jalan Dewi Sri. Doni juga menyuruh terdakwa memecah paket ekstasi menjadi paket kecil siap edar.

Aksi yang dilakukan terdakwa rupanya diendus petugas kepolisian. Saat ia sedang minum kopi di Jalan Imam Bonjol, Denpasar Barat, Minggu (23/2/2020), datang petugas kepolisian dan langsung menangkapnya.

Terdakwa yang tidak berkutik mengakui perbuatannya. Guna pengembangan, ia digelandang ke kosnya di Jalan Setia Budi, Gang Jangkong Sari, Kuta, Badung.

BACA JUGA:  Diringkus di Banyuwangi, Pemilik 15 Kg Ganja Disidang di PN Denpasar

Dari hasil penggeledahan di kamar terdakwa, petugas dari Ditresnarkoba Polda Bali menemukan barang bukti 6 plastik bening di dalamnya berisi ekstasi warna warna untuk berbentuk granat, serta satu paket sabu seberat 0,45 gram. (sar)