Bea Cukai Ngurah Rai Musnahkan Barang Tanpa Kepabeanan Bernilai Ratusan Juta

Bea Cukai Ngurah Rai musnahkan barang sitaan. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Bea Cukai Ngurah Rai memusnahkan Barang Milik Negara (BMN) bernilai ratusan juta rupiah. Total barang yang dimusnahkan sebanyak 481 kelompok.

“Nilai keseluruhan barang yang dimusnahkan mencapai Rp149 juta lebih,” terang Kepala Kantor Bea Cukai Ngurah Rai, Himawan Indarjono, Kamis (23/7/2020) di Badung.

Barang-barang yang dimusnahkan berupa obat-obatan, alat kesehatan, pakaian bekas, hingga alat kosmetik yang diimpor melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

“Barang tersebut tidak diselesaikan kewajiban kepabeanannya, yaitu pemenuhan ketentuan larangan dan/atau pembatasan yang dimasukkan melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai baik itu menggunakan kargo pesawat maupun barang bawaan penumpang,” paparnya.

Himawan menambahkan, pemusnahan BMN ini dilaksanakan selain untuk menjalankan ketentuan, juga sebagai bentuk pertanggungjawaban Bea Cukai Ngurah Rai kepada masyarakat atas barang-barang yang disita.

“Kegiatan ini dilakukan selain dalam rangka melaksanakan Peraturan Menteri Keuangan nomor 178 tahun 2019, juga sebagai bentuk akuntabilitas dan transparansi kami atas kegiatan penegahan yang dilakukan Bea Cukai,” jelasnya.

“Sehingga masyarakat dapat mengetahui bahwa barang-barang yang kami sita, telah ditindaklanjuti sesuai dengan ketentuan,” tegasnya.

Proses pemusnahan barang milik negara yang berlangsung di lapangan parkir Kantor Bea Cukai Ngurah Rai mengedepankan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. (agw)

BACA JUGA:  Sempat Dilaporkan Hilang Terseret Arus Pantai Batu Bolong, WNA Amerika Ditemukan Selamat