Karangasem Berubah Status dari Risiko Tinggi Covid-19 Jadi Risiko Rendah

Covid-19.

Beritabalionline.com – Dalam hitungan hari, virus Corona atau Covid-19 menyebar ke beberapa wilayah di Indonesia. Jumlah kasus pasien positif Corona terus bertambah setiap harinya. Namun, harapan menjinakkan virus ini datang seiring semakin banyak pasien yang dinyatakan sembuh.

Hingga hari Selasa (21/7/2020) tercatat ada 13 kabupaten atau kota di Indonesia yang berubah status dari risiko tinggi Covid-19 jadi risiko rendah. Salah satunya adalah Kabupaten Karangasem.

Berikutnya adalah Kabupaten Bone Bolango, Kota Gorontalo, Sidoarjo, Mojokerto, Bojonegoro, Kota Mojokerto, Kota Ternate, Minahasa Utara, Kota Bitung, Bantaeng, Jakarta Utara dan Jakarta Timur.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito mengatakan, ada 11 kabupaten atau kota yang berubah status dari zona kuning menjadi hijau. Ini disebabkan dalam beberapa pekan terakhir, tidak terjadi penambahan kasus Covid-19 di wilayahnya.

Dari 11 Kabupaten tersebut adalah Sigi, Kota Singkawang, Raja Ampat, Kaimana, Pasaman, Kepulauan Mentawai, Manggarai dan Bombana.

“Kemudian Kolaka Timur, Minahasa Tenggara dan Gunung Sitoli,” ujarnya dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (21/7/2020).

Wiku menambahkan, ada 13 kabupaten atau kota di Indonesia yang berubah status dari risiko tinggi Covid-19 jadi risiko rendah. Yakni, Karangasem, Bone Bolango, Kota Gorontalo, Sidoarjo, Mojokerto, Bojonegoro, Kota Mojokerto, Kota Ternate, Minahasa Utara, Kota Bitung, Bantaeng, Jakarta Utara dan Jakarta Timur.

“Begitu juga ada 345 kabupaten atau kota dengan risiko sedang berubah menjadi rendah,” sambungnya.

Kabupaten atau Kota tersebut yaitu, Tangerang, Kota Cilegon, Aceh Tamiang, Kota Bogor, Kota Bandung, Kota Cimahi, Banyumas, Klaten, Pesisir Barat dan Paser. Selanjutnya Kota Pangkalpinang, Kota Batam, Pacitan, Tulungagung, Lumajang, Probolinggo, Ngawi, Majene, Maluku Tengah, Seram Bagian Timur, Lombok Utara dan Kota Bima.

BACA JUGA:  Terkait Pemberlakuan Ganjil Genap di Objek Wisata, Polda Bali Bentuk Satgas Covid-19

Kemudian Sorong, Ogan Komering Ilir, Musi Rawas, Kota Pagar Alam, Kota Prabumulih, Pinrang, Kolaka Utara, Muna Barat, Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Dharmasraya dan Padang Lawas. (itn)