Antisipasi Korban Lakalantas Terpapar Covid, Satlantas Polresta Denpasar Lakukan Ini

Simulasi penanganan korban lakalantas. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Satlantas Polresta Denpasar bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Denpasar dan Dinas Kesehatan Kota Denpasar menggelar simulasi penanganan laka lantas terhadap orang dengan kasus Covid-19.

“Simulasi penanganan kasus lakalantas dengan korban diduga terpapar Covid-19 tersebut dilakukan menggunakan prosedur sesuai dengan SOP penanganan medis,” terang Kasat Lantas Polresta Denpasar AKP Adi Sulistyo Utomo, Selasa (21/7/2020) di Denpasar.

“Salah satunya yakni seluruh petugas baik Satlantas maupun tim medis lainnya menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap sesuai standar,” lanjutnya dalam simulasi di Jalan Gatot Subroto dekat Lapangan Lumintang, Denpasar.

Simulasi diawali dari informasi peristiwa kecelakaan dengan tanda mencurigakan seperti korban kejang-kejang. Mendapat laporan tersebut, anggota Lakalantas mendatangi lokasi kejadian untuk mengamankan tempat kejadian perkara (TKP).

Setelah memastikan ada kejadian mencurigakan, petugas Lakalantas akan melaporkan ke DKK dan PMI agar ditangani sesuai SOP. Korban selanjutnya dibawa ke rumah sakit (RS) terdekat dalam hal ini RS Bakti Rahayu.

Kasat menerangkan, penanganan kasus khusus ini dilakukan secara terpadu dan mengutamakan koordinasi. Sehingga dalam simulasi didokumentasikan agar semua stakeholder yang terlibat bisa memahami tugasnya masing-masing.

Dalam kesempatan tersebut AKP Adi Sulistyo berpesan agar masyarakat tidak panik saat melihat kecelakaan yang dicurigai seperti pasien yang sedang kambuh. Kendati demikian, warga yang berada di lokasi diminta untuk segera melaporkan pada aparat terdekat.

“Di sini dibutuhkan kerjasama dan kesadaran masyarakat agar penanganan laka lantas khususnya dengan kejadian tertentu bisa segera ditangani dengan cepat dan tepat,” tandasnya. (agw)

BACA JUGA:  Tertimpa Tembok Bangunan, Nyawa Buruh Proyek di Denpasar Melayang