Dihadang Ombak Besar, Fast Boat dari Nusa Penida Batal Bersandar di Pelabuhan Tribuana

Para penumpang baru turun dari fast boat di Pelabuhan Rakyat Sampalan, Nusa Penida. (FOTO : Dewa/Beritabalionline.com)

Beritabalionline.com – Ombak besar yang menghadang penyeberangan kapal boat Gangga Exspress di Pelabuhan Rakyat Tribuana Kusamba, Kabupaten Klungkung, pada Senin (20/7/2020), sempat membuat aktivitas pelabuhan terganggu. Tidak ingin mengambil resiko, 2 fast boat yang datang dari Nusa Penida batal bersandar di Pelabuhan Tribuana, karena dapat membahayakan keselamatan penumpang.

”Dua fast boat yang datang dari Nusa Penida terpaksa batal bersandar di Tribuana. Jika dipaksakan, dalam kondisi gelombang besar tentu sangat berbahaya,” kata Petugas Pengawas Pelabuhan Tribuana, Dinas Perhubungan Kabupaten Klungkung, Made Suardika yang dikonfirmasi awak media, Senin (20/7/2020).

Padahal, sambungnya, saat itu fast boat yang datang dari Pelabuhan Sampalan, Nusa Penida mengangkut banyak penumpang. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pihaknya mengalihkan fast boat tersebut untuk berlabuh di Pelabuhan Padangbai, Karangasem.

”Pengalihan ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diingini dan mengutamakan keselamatan para penumpang beserta boat dan nakhodanya,” terangnya.

Terkait pengalihan tersebut, petugas Satpol Airud Pelabuhan Tribuana Kusamba, Ipda Gde Suparta juga membenarkan langkah yang diambil petugas pengawas Dishub Klungkung.

“Tadi memang ada 2 boat Gangga Ekspres yang dibatalkan bersandar di ponthom Pelabuhan Tribuana dan dialihkan ke Pelabuhan Padangbai. Pengalihan itu semata-mata untuk menjaga keselamatan para penumpang dan boat itu sendiri,” ungjkapnya. (itn)

BACA JUGA:  Dekan Fakultas Hukum Unmas Denpasar Apresiasi Tiga Tahun Kepemimpinan Gubernur Koster