Status Gunung Agung Diturunkan dari Level Siaga ke Waspada

Gunung Agung (FOTO : Dream)
Beritabalionline.com – Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana dan Geologi (PVMBG) hari ini, Kamis (16/7/2020) menurunkan status Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, dari Level III (Siaga) ke Level II (Waspada) pada pukul 15.00 Wita.
Dari penurunan status ini (Level II), masyarakat masih dilarang naik ke gunung yang tertinggi di Pulau Dewata tersebut di dalam radius 2 Km dari puncak kawah.
Berdasarkan analisis dan pemodelan data pemantauan gunung api dapat disimpulkan bahwa Gunung Agung masih berpotensi menimbulkan erupsi, namun dengan ancaman bahaya primer diperkirakan masih terlokalisir di sekitar area puncak dengan radius bahaya maksimum hingga 2 Km dari kawah puncak.
Potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahan hujan dapat terjadi terutama  pada musim hujan selama material erupsi-erupsi sebelumnya masih terpapar di area lereng puncak.
Area yang berpotensi terlanda aliran lahan hujan adalah aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung terutama ke arah Utara, Timurlaut, Tenggara, Selatan, dan Baratdaya. (ist)
BACA JUGA:  Jokowi akan Prioritaskan 5 Hal pada Periode Kedua Kepemimpinannya