Mahasiswa Asal Papua Diimbau Ikut Jaga Keamanan Bali dan Hindari Gesekan dengan Masyarakat

Pihak Rektorat Universitas Warmadewa saat gelar pertemuan dengan mahasiswa asal Papua. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Selain sebagai destinasi wisata, Bali yang menarik dikunjungi banyak orang dari berbagai etnis dan suku bangsa, juga tak sedikit warga dari luar daerah yang menjadikan Bali sebagai tempat pilihan untuk melanjutkan studi khususnya ke jenjang perguruan tinggi. Termasuk warga asal Papua yang kehadirannya diharapkan ikut menjaga keamanan Bali agar tetap kondusif.

“Kita berharap mahasiswa asal Papua agar turut menjaga situasi Bali supaya tetap aman dan kondusif,” kata Wakil Rektor III Universitas Warmadewa, I Wayan Parwata dalam pertemuan dengan mahasiswa asal Papua di Denpasar beberapa waktu lalu.

Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Politik FISIP Universitas Warmadewa ini juga meminta mahasiswa asal Papua untuk selalu menjalin komunikasi yang baik dengan pihak kampus dan senantiasa menjaga nama baik kampus.

“Saya harap mahasiswa dari Papua juga ikut peduli terhadap lingkungannya sendiri dan lingkungan luar yang lebih luas,” ucapnya.

Di tempat yang sama dosen Prodi Ilmu Pemerintahan Universitas Warmadewa, Drs.Toto Noerasto, M.Erg mengimbau kepada mahasiswa asal Papua untuk tidak membuat sesuatu yang membuat masyarakat Bali tidak nyaman.

“Mahasiswa asal Papua jangan sampai membuat ulah atau konflik di masa pandemi Covid-19 ini, yang akan membuat ketidaknyamanan masyarakat warga Bali,” tuturnya.

Pengasuh mahasiswa asal Papua ini lantas berpesan agar para mahasiswa khususnya mahasiswa asal Papua dalam menggelar kegiatan menghindari gesekan dengan warga.

“Selalu jalin komunikasi yang baik dengan masyarakat Bali untuk menjaga simpati dan demi terjaganya toleransi,” pesannya.

Sebelumnya, pihak kampus Warmadewa menggelar pertemuan dengan mahasiswa asal Papua. Adapun yang dibahas salah satunya adalah isu rasisme di Amerika Serikat turut berimbas ke Indonesia termasuk Bali. (agw)

BACA JUGA:  Kasus Sembuh Pasien Covid-19 di Denpasar Kembali Bertambah 25 Orang, Positif 11