Petugas saat melakukan melakukan monitoring terhadap salah satu warga pendatang di Kelurahan Penatih, Denpasar Timur. (FOTO : Ist)

Beritabalionline.com – Mengantisipasi terjadinya penyebaran virus Corona atau Covid-19 yang semakin meluas dan hal hal yang tidak diinginkan, Kelurahan Penatih, Denpasar Timur gencar melakukan pendataan ke rumah-rumah warga dan kos-kosan, disamping secara intensif melakukan pemantauan terhadap penduduk nonpermanen (warga pendatang/duktang) di lingkungan setempat.

Lurah Penatih, Wayan Astawa menjelaskan pendataan tersebut untuk menciptakan kenyamanan bagi warganya dan penduduk pendatang yang tinggal di sana. Terlebih pihaknya memang telah melakukan pendataan secara rutin oleh linmas dan dibantu oleh pecalang setempat.

“Kita saat ini fokus mendata warga masyarakat nonpermanen yang tinggal di lingkungan (Kelurahan Penatih, red) kami saja,” jelasnya di Denpasar, Kamis (16/7/2020).

Kegiatan monitoring rumah kos-kosan dilaksanakan untuk mendata para pemilik kost di wilayah Kelurahan Penatih apakah ada menerima orang baru dikosan mereka atau tidak. Karena ini merupakan data penting dalam situasi pandemic covid 19 ini dan mengatisipasi adanya tranmisi lokal dari wilayah lain dalam penyebaran covid 19 tersebut.

“Dari hasil pemantauan atau monitoring semalam ini ada ditemukan pekerja yang tidak memiliki surat-surat namun sudah dijamin oleh pimpinan proyek. Dalam hal itu tetap diminta kepada seluruh pemilik kosan atau pimpinan proyek yang ada di wilayah Penatih untuk melaporkannya kepada Satgas Covid-19 setempat jika ada penambahan orang atau kedatangan penduduk baru,” demikian Astawa. (ist)