Presiden Jokowi Bakal Berikan Sanksi Bagi Pelanggar Protokol Kesehatan Covid-19

Presiden Joko Widodo.

Beritabalionline.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan membuat aturan untuk masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Nantinya sanksi akan diberikan mulai dari denda sampai kerja sosial.

“Kita siapkan regulasi untuk memberikan sanksi baik dalam bentuk denda atau bentuk kerja sosial atau tindak pidana kriminal (tipiring) tapi masih dalam pembahasan memang kalau diberikan itu menurut kita semua akan berbeda,” kata Kepala Negara di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (13/7/2020).

Dia menjelaskan, sanksi tersebut dibuat agar masyarakat bisa mematuhi protokol kesehatan serta menekan angka kasus positif di Indonesia. Sebab terlihat dari survei di Jawa Timur, hanya 30 persen warga yang kenakan masker saat berkegiatan di luar.

“Misalnya pakai masker di sebuah provinsi kita survei hanya 30 persen, yang 70 persen enggak pakai, gimana tingkat positifnya gak tinggi?” tegasnya.

Sebelumnya dalam rapat terbatas hari ini (13/7/2020) Jokowi menyoroti kesadaran masyarakat akan protokol kesehatan demi mencegah Covid-19. Misalnya di Jawa timur, Jokowi mendapat laporan, 70 persen warga tidak menggunakan masker.

“Survei yang kita lihat di Jawa Timur, saat saya ke Jatim, survei mereka di Jatim untuk mereka, 70 persen masyarakat tidak menggunakan masker,” demikian mantan Gubernur DKI Jakarta ini dalam rapat terbatas terkait Percepatan Penanganan Dampak Pandemik Covid-19 di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (13/7/2020). (itn)

BACA JUGA:  Taxiway Bandara Samarinda Kembali Bermasalah, 2 Pesawat Terpaksa Mendarat di Balikpapan dan Makassar