Hendak Selundupkan 36 Ekor Penyu Hijau, 7 Warga Diamankan Polisi

Puluhan ekor penyu hijau diamankan petugas kepolisian. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Aparat kepolisian dari Subdit Gakkum Dit Polairud Polda Bali menangkap 7 orang saat berupaya menyelundupkan 36 ekor penyu hijau di Perairan Serangan, Denpasar.

“Penyu hijau tersebut diangkut oleh para pelaku dengan menggunakan perahu jukung,” terang Direktur Polairud Polda Bali Kombes Pol. Toni Ariadi Effendi, Minggu (12/7/2020) di Denpasar.

Penangkapan bermula dari adanya informasi masyarakat kepada polisi bahwa ada kapal jukung yang dinahkodai Muhalim bersama 6 orang ABK membawa penyu.

Informasi ditindaklanjuti dan kapal jukung bermesin temple 3 unit 15 PK yang membawa penyu dapat diamankan di Perairan Serangan, Sabtu (11/7/2020).

Saat diinterogasi, pelaku mengaku penyu hijau diperoleh di Perairan Kerajakan, Jawa Timur. Penyu tersebut rencananya akan diserahkan kepada seseorang bernama Muhayat di seputaran Serangan.

Kombes Ariadi mengatakan, dalam kasus ini para pelaku dianggap melanggar Pasal 21 ayat 2 huruf(a) jo Pasal 40 ayat 4 Undang-undang nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

“Kegiatan ini tidak bisa dibiarkan karena dapat merusak ekosistem dan kelangsungan hidup satwa satwa yang dilindungi, makanya kami tangkap dan kami amankan. Pelaku diproses dan dikembangan lagi penyidikannya sesuai hukum yang berlaku,” jelasnya.

Rencananya terang Kombes Ariadi, 36 ekor penyu tersebut ditangkarkan dan dititipkan di BKSDA Denpasar untuk selanjutnya akan dilepas kembali ke laut. (agw)

BACA JUGA:  Bobol Kartu Kredit Milik Wisatawan Inggris, Mahasiswi Afrika Huni Sel Polsek Kuta