Kasus Positif Corona di Karangasem Masih Didominasi Tansmisi Lokal

Ilustrasi pasien Covid-19.

Beritabalionline.com – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kabupaten Karangasem hari Sabtu (11/7/2020) merilis, angka kumulatif kasus positif Covid-19 yang ada di Karangasem saat ini berjumlah 122 kasus. Dari jumlah itu, kasus transmisi lokal masih mendominasi, yaitu 82 persen dan 18 % (8 kasus) lainnya adalah pelaku perjalanan luar negeri atau Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Koordinator Kesehatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kabupaten Karangasem, dr I Gusti Bagus Putra Pertama, Sabtu (11/7/20) mengatakan, dari jumlah kasus kumulatif itu (122 kasus Red), 84 di antaranya sudah dinyatakan sembuh, 2 orang meninggal dunia dan 44 orang masih menjalani perawatan di Denpasar.

“Kasus positif transmisi lokal terus mengalami peningkatan, bahkan angkanya mencapai 82 persen,” ujar Bagus Putra Pertama yang juga Kepala Dinas Kesehatan, Kabupaten Karangasem, seperti dilansir balifactualnews.com.

Dijelaskan, 44 kasus positif yang masih dalam penanganan di Bapelkes Denpasar itu, termasuk tambahan enam kasus baru transmisi lokal yang ada di wilayahnya. “Tambahan enam kasus ini tersebar di empat kecamatan, yakni Kecamatan Rendang, Sidemen, Karangasem dan Kecamatan Selat,” ucapnya.

Dia merinci, Kecamatan Rendang terdapat tambahan satu kasus baru, menimpa seorang wanita asal Desa Nongan. Di Kecamatan Selat juga terjadi satu tambahan kasus baru, korbannya seorang wanita asal Desa Duda. Sedangkan di Kecamatan Karangasem terdapat 3 kasus baru. Satu kasus berada di Desa Pertima dengan korban laki-laki dan dua kasus ada di Desa Bugbug, menimpa dua orang wanita. Satu lagi tambahan kasus baru transmisi lokal di Desa Talibeng, Kecamatan Sidemen dengan korban wanita.

“Hari ini tidak ada tambahan pasien terkonfirmasi positif yang dinyatakan sembuh, namun yang ada hanya tambahan enam kasus baru dan semuanya sudah kita rujuk ke Bapelkes Denpasar untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut,” terangnya. (ist)

BACA JUGA:  Bupati Eka Resmikan LPKS Bali Cak Tourism School