Jukung Terbalik, Nelayan Asal Karangasem Hilang di Perairan Bunutan

Upaya pencarian oleh Tim SAR terhadap nelayan asal Karangasem yang hilang. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Jukung yang dinaiki Nyoman Cenik (45) terbalik di Perairan Utara Bunutan, Karangasem. Warga Banjar Dinas Bunutan, Desa Abang, Kecamatan Abang, Karangasem ini akhirnya hilang di tengah laut.

“Peristiwa terbaliknya jukung yang dinaiki korban pertama kali dilihat seorang nelayan tadi pagi sekitar pukul 06.30 Wita,” kata Kepala Basarnas Bali Gede Darmada, Kamis (9/7/2020) di Denpasar.

Informasi diperoleh terang Darmada, korban berangkat melaut untuk mencari ikan dari Pantai Bunutan, Kamis (9/7/2020) sekitar pukul 04.30 Wita.

“Laporan kami terima pada pukul 11.40 Wita dari nelayan bernama Ketut Sudi. Saksi mengaku hanya jukung saja terlihat terbalik, sementara tidak ada orang di seputaran jukung tersebut,” bebernya.

Menurut saksi, saat kejadian kondisi cuaca hujan dan gelombang tinggi. Basarnas Bali yang menerima laporan menurunkan 7 orang personel dari Pos SAR Karangasem untuk melakukan pencarian.

Dengan menggunakan RIB, tim SAR gabungan sebanyak 4 personel menyisir area penemuan jukung, sementara tim lainnya standby di darat sembari menyusuri sepanjang bibir pantai.

Ditambahkan, SRU laut yang melakukan pencarian juga berkomunikasi dengan nelayan agar memberikan informasi apabila menemukan tanda-tanda keberadaan korban.

“Kerjasama dengan para nelayan sangat membantu mengingat wilayah perairan yang luas. Tak jarang biasanya nelayan yang menemukan korban, karena mereka jumlahnya banyak dan tersebar di beberapa titik perairan. Sehingga koordinasi bersama mereka sangatlah penting,” jelas Darmada. (agw)

BACA JUGA:  Pensiunan PNS Tewas Terlibat Kecelakaan di Bypass IB Mantra