Serius Tangani Covid-19, Pemkot Denpasar Gencar Laksanakan Tracking, Screening dan Testing

Aktivitas Satgas Penanganan Covid-19 Kelurahan Sumerta, Denpasar. (FOTO: ist)

Beritabalionline.com – Pemerintah Kota Denpasar bersama Satgas Penanganan Covid-19 Desa/Kelurahan terus melaksanakan langkah tracking, screening dan testing. Kali ini adanya kasus positif di wilayahnya, Kelurahan Sumerta beserta jajaran melaksanakan langkah tracking untuk deteksi awal penyebaran terhadap adanya kasus positif Covid-19.

Lurah Sumerta I Wayan Eka Apriana, Rabu (8/7/2020) saat dikonfirmasi menjelasakan bahwa dilaksanakannya tracking adalah untuk mengetahui berapa orang yang pernah kontak erat dengan pasien positif Covid 19, sehingga bisa dilakukan langkah selanjutnya, yakni testing baik rapid maupun swab test serta melakukan karantina.

“Kami melakukan langkah tracking guna dapat mendata keluarga ataupun masyarakat sekitar yang terkait erat dengan salah satu warga terkomfirmasi Covid-19,” ujarnya.

Juru Bicara GTPP Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai secara terpisah dikonfirmasi menjelaskan bahwa Pemkot Denpasar berkomitmen mempercepat penanganan Covid-19. Selain upaya pencegahan yang terus dimaksimalkan, penemuan kasus juga menjadi kunci utama penanganan medis maupun pencegahan dini penularan Covid-19.

“Tes massal baik rapid test maupun swab test terus kami maksimalkan untuk menemukan kasus dan mengantisipasi penyebarannya. Ini merupakan bagian dari strategi untuk memutus penyebaran Covid-19, sehingga nanti bisa lebih cepat bisa berproduktivitas dengan aman,” kata Dewa Rai.

Lebih lanjut dikatakan, hingga saat ini Pemkot Denpasar terus gencar melaksanakan langkah tracking, screening dan testing. Mereka yang dites ini merupakan warga yang pernah kontak dengan pasien positif.

Selebihnya Dewa Rai mengatakan GTPP Covid-19 Kota Denpasar dalam memasuki tatanan kebiasaan era baru  akan semakin menggencarkan pelaksanaan tes swab secara massif agar bisa segera memutus penyebaran Covid-19.

“Langkah itu tentu harus dibarengi pelaksanaan protokol kesehatan yang semakin ketat dan disiplin. Peran serta dan partisipasi masyarakat sangat berpengaruh terhadap tingkat keberhasilan penanganan Covid di Kota Denpasar,” pungkas Dewa Rai. (hum)

BACA JUGA:  Monitoring Ketahanan Pangan, Badung Kembangkan Pertanian Hidroponik