Pulau Dewata Digungcang Gempa, Tak Ada Kerusakan dan Korban Jiwa

Lokasi episentrum gempa bumi di wilayah laut bagian utara Jawa. (FOTO : Ist)

Beritabalionline.com – Pulau Dewata (Bali) dilaporkan telah diguncang gempa bumi pada Kamis (7/7/2020) pagi. Hal ini dirasakan sebagian warga masyarakat Bali terutama mereka yang ada di wilayah Bali Barat, seperti Kabupaten Jembrana.

Menurut keterangan yang didapat dari situs inatews.bmkg.go.id, telah terjadi gempa bumi pada Kamis (7/7/2020) pukul 05:54:44 WIB. Parameter sementara, berkekuatan 6.1 SR posisi 6.12 Lintang Selatan (LS), 110.55 Bujur Timur (BT), kedalaman 578 km dan lokasinya di Jawa.

Lebih lanjut dijelaskan, posisi atau episentrum gempa berada 53 km barat laut Jepara, Jawa Tengah, 82 km barat laut Kudus Jawa Tengah, 86 km barat laut Demak Jawa Tengah, 99 km timur laut Semarang, Jawa Tengah, 414 km timur laut Jakarta.

Dalam informasinya BMKG juga menerangkan gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Hingga berita ini ditulis belum ada laporan kerusakan bangunan ataupun korban jiwa yang ditimbulkan akibat gempa bumi ini.

Menurut catatan akun twitter @maurifins yang nama aslinya Muhammad Ma’urifin Sudibyo pakar astronomi dan gemar menekuni tentang bumi ini menyatakan dengan hiposentrum sedalam 578 km di bawah paras bumi, maka sumber gempa ini pada dasarnya tepat berada di ujung bagian lempeng Australia yang sudah melewati zona subduksi dan sedang membenamkan diri kian dalam ke lapisan selubung Bumi. Jadi ini gempa intralempeng, bukan gempa subduksi.

Meski tergolong gempa kuat, namun getarannya adalah lemah. Jadi tak perlu dikhawatirkan. Namun gempa bumi intralempeng yang sangat dalam ini tetap bisa merusak. Pada 5 Agustus 2007 lalu, gempa sangat dalam yg episentrumnya di Laut Jawa sebelah utara Indramayu dengan magnitudo jauh lebih besar (M7,5) mengirim getaran yang membuat ratusan rumah di Cianjur rusak ringan. Sementara pesisir utara Jawa Barat malah baik-baik saja. (ist)

BACA JUGA:  Kasus Covid-19 Melandai, Wagub Cok Ace Apresiasi Sinergi Seluruh Komponen