Menuju Masyarakat Tatanan Baru, Sekda Rai Iswara Sambangi Instansi Vertikal

Rai Iswara saat memantau persiapan ‘Menuju Adaptasi Kebiasaan Baru’ ke salah satu instansi vertikal. (FOTO : Ist)

Beritabalionline.com – Guna memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan persiapan ‘Menuju Masyarakat Tatanan Baru Produktif serta Aman Covid-19’, Pemerintah Kota Denpasar melakukan pemantauan di seluruh OPD dan sejumlah instansi vertikal yang ada di Denpasar.

Pemantauan tersebut dipimpin Sekretaris Daerah Kota Denpasar, AAN Rai Iswara didampingi Asisten I, I Made Toya, Kepala BKPSDM Wayan Sudiana, Kabag Humas Pemkot Denpasar, I Dewa Gede Rai, dan Plt. Kabag Hukum Komang Lestari, Rabu (1/7/2020).

Pemantauan kesiapan kesejumlah OPD serta instansi vertikal di Kota Denpasar kali ini dimulai di dari Kantor Camat Denpasar Barat, kemudian dilanjutkan ke Kantor Dinas Kesehatan dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Denpasar serta dilanjutkan ke Kantor PT. Pertamina (Persero) Cabang Denpasar.

Pada kesempatan tersebut Rai Iswara kembali menekankan bahwa pelaksanaan pemantauan ini merupakan tindak lanjut dari surat Keputusan Presiden dan Menteri Kesehatan yang juga amanat dari Surat Edaran Wali Kota Denpasar No. 443/044/Gugus Tugas Covid 19 Kota Denpasar tentang Strategi Persiapan Menuju Masyarakat Tatanan Baru Produktif dan Aman Covid 19 di Kota Denpasar.

Surat Edaran ini sebagai upaya kesiapan dalam pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di lingkungan kantor pemerintah, BUMN/D, instansi vertikal dan perusahaan swasta wajib membentuk satgas pencegahan Covid-19 di masing masing instansi dan penerapan protokol kesehatan di perkantoran.

“Pemkot Denpasar secara keberlanjutan mengunjungi kantor- kantor OPD serta instansi vertikal guna menyamakan persepsi serta membangun koordinasi dan sinergi antara instansi yang ada, terutama terkait penerapan protokol kesehatan di lingkungan kerja masing-masing, seperti mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak (phsycal distancing),” ujar Rai Iswara.

BACA JUGA:  Gatriwara Klungkung Peduli Kasih,Bagi-Bagi Sembako

Dengan begitu, lanjutnya, diharapkan tidak hanya OPD Pemkot Denpasar saja, tapi juga instansi vertikal lainnya yang menerapkan protokol kesehatan dalam budaya kerja sehari-hari, menuju kebiasaan hidup baru. “Secara umum semua instansi sudah menerapkan protokol kesehatan,” kata dia.

Sementara Marketing Directorate PT. Pertamina (Persero) Cabang Denpasar, Deny Sukendar Setiady mengapresiasi langkah yang dilakukan Pemerintah Kota Denpasar terkait dengan pengecekan kesiapan penerapan protokol kesehatan ke sejumlah instansi.

“Hal ini tentu sejalan dengan apa yang telah diterapkan di instansi kami. Selain itu, kami akan semakin mematangkan prosedur dan penerapan protokol kesehatan kepada para pegawai di kantor kami,” ujarnya. (rls)