Kenakan Pelindung Wajah, Jokowi Blusukan ke Pasar Banyuwangi

Jokowi pakai face shield blusukan di Pasar Tangguh Semeru. ©2020 Biro Pers Sekretariat Presiden.

Beritabalionline.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Pasar Tradisional Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (25/6/2020). Jokowi tampak mengenakan pelindung wajah atau face shield serta tetap menjaga jarak.

Berdasarkan keterangan pers Sekretariat Presiden, Jokowi tiba di pasar tersebut sekitar pukul 14.12 Wib. Dia didampingi Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Jokowi sempat menyapa pedagang di pasar tersebut dengan tetap menjaga jarak aman. Selain itu, dia meninjau Pasar Pelayanan Publik Rogojampi yang merupakan upaya pemerintah setempat untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat.

Selama masa pandemi corona, Pasar Pelayanan Publik tersebut telah berbenah untuk turut menerapkan protokol kesehatan di tengah masa adaptasi kebiasaan baru. Dalam kunjungannya, Jokowi melihat bagaimana antrean warga yang membutuhkan layanan telah diatur untuk menjaga jarak.

Kemudian, mantan Gubernur DKI Jakarta itu melihat-lihat sejumlah fasilitas pendukung yang ada seperti antrean online hingga mesin pencetak Kartu Keluarga atau Kartu Tanda Penduduk. Pasar Pelayanan Publik sendiri merupakan terobosan baru yang dibuat Kabupaten Banyuwangi.

Pasar Pelayanan Publik tersebut merupakan bagian dari Mal Pelayanan Publik di Banyuwangi yang sejak 2017. Pasat tersebut telah mengintegrasikan lebih dari 200 layanan dokumen atau perizinan di satu tempat.

Saat ini terdapat tiga tempat pelayanan publik terpadu di Banyuwangi, yaitu Mal Pelayanan Publik, Pasar Pelayanan Publik Genteng, dan Pasar Pelayanan Publik Rogojampi.

Dalam kunjungan kali ini, Jokowi didampingi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md., Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. (itn)

BACA JUGA:  Jelang Habis Masa Jabatan, Pimpinan KPK Ingin Peluk Jokowi di Hari Antikorupsi Sedunia