Kodim Badung Gelar Komsos Pencak Silat Tradisional

Dandim Badung Kolonel Inf Puguh Binawanto saat pagelaran pencak silat. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Kodim 1611/Badung menggelar kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) Kreatif Pagelaran Pencak Silat Tradisional untuk wilayah Kodim 1611/Badung Tahun Anggaran 2020.

“Kegiatan ini sebagai upaya memajukan dan melestarikan budaya bangsa yang kita miliki,” terang Pasiter Kodim 1611/Badung Mayor Inf I Made Mustika mewakili Dandim Badung Kolonel Inf Puguh Binawanto, Sabtu (20/6/2020) di Aula Makodim Badung.

Seizin Dandim, Mayor Made Mustika menjelaskan, pencak silat menjadi salah satu alat pempersatu nusantara dan telah menjadi identitas bangsa yang sudah dipertandingan di skala internasional.

“Ini juga sekaligus dalam rangka pembinaan beladiri pencak silat tradisional yang ada di wilayah Kodim 1611/Badung,” paparnya.

Dijelaskan, Kodim 1611/Badung dalam melaksanakan fungsi utama dari pembinaan teritorial aplikasinya yakni melaksanakan koordinasi dengan pemerintah daerah, KONI dan perguruan pencak silat.

Dengan pagelaran pencak silat, diharapkan akan terbentuk jalinan kerjasama yang baik antara TNI AD khusunya prajurit Kodim 1611/Badung di kalangan perkumpulan beladiri silat tradisional yang ada di wilayah Kota Denpasar dan Kabupaten Badung.

“Dalam pagelaran seni pencak silat juga dilaksanakan pemberian sembako kepada para peserta, pelatih dan pembina pencak silat,” ujar Mayor Made Mustika.

Pagelaran pencak silat juga dihadiri Ketua Harian IPSI Kota Denpasar I Ketut Suartika, para pelatih dan anggota Pencak Silat Bhakti Negara. (agw)

BACA JUGA:  Manajer Berharap KONI Bali Kirim 6 Petinju Lolos PON XX