SMP Sila Chandra Batubulan Berubah Status Menjadi Sekolah Negeri

Papan Nama perubahan status SMP Sila Chandra Batubulan menjadi SMP Negeri 5 Sukawati.

Beritabalionline.com – SMP Sila Chandra Batubulan yang dikenal sebagai salah satu sekolah favorit di Kabupaten Gianyar berubah dari status swasta menjadi SMP Negeri 5 Sukawati.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar I Wayan Sadra mengatakan, perbuahan status swasta ke negeri itu sesuai SK Bupati. Dengan adanya perubahan tersebut, mekanisme dalam penerimaan siswa tahun ajaran 2020/2021 mengikuti sistem sekolah negeri seperti presentase kuota zonasi, kuota prestasi serta kuota KK tidak mampu.

Terkait status tenaga pendidik, I Wayan Sadra mengatakan masih dalam proses pengaturan. “Sementara ini kita berdayakan tenaga pendidik berstatus PNS. Masalah guru yang eks swasta itu menjadi keputusan Bupati” jelasnya.

Dengan adanya perubahan status tersebut, di Kecamatan Sukawati terdapat lima sekolah negeri yaitu SMPN 1 Sukawati di Desa Sukawati, SMPN 2 Sukawati di Singapadu, SMPN 3 Sukawati di Desa Batuyang, SMPN 4 Sukawati di Ketewel dan SMP N 5 Sukawati di Batubulan. “Kecamatan Sukawati dan Gianyar menjadi kecamatan yang siswanya paling padat”ungkapnya.

Sementara, lulusan SD tahun ini tercatat 7339 orang.  Sedangkan daya tampung SMP  di Kabupaten Gianyar ada 161 rombongan belajar dengan 38 siswa dalam satu rombongan. Dengan adanya penambahan sekolah negeri ini, ada penambahan rombel untuk menampung siswa yang tamat tahun ini sesuai amanat undang-undang.

“Sesuai amanat UU Nomor 20 terkait pendidikan semua harus tertampung, baik di negeri maupun swasta. Hanya saja, rata-rata masyarakat menginginkan anaknya bersekolah di negeri dan kami berusaha agar semua bisa tertampung,”ujar Sadra. (yes)

BACA JUGA:  Sabet 2 Penghargaan, Bali Juara Lomba Inovasi Daerah Tatanan Normal Baru