Sambut Kenormalan Baru, Menparekraf Pantau Protokol Kesehatan Bandara Ngurah Rai

Menparekraf Wishnutama tiba di Bandara Ngurah Rai. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatf Wishnutama berkunjung ke Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai – Bali guna memantau protokol kesehatan.

“Prosedur dan protokol kesehatan yang diterapkan sudah bagus, terutama untuk sistem pengambilan bagasi penumpang. Sudah sesuai dengan syarat physical distancing,” ujarnya, Rabu (17/6/2020) di Bandara Ngurah Rai.

Sementara General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai – Bali, Herry A.Y. Sikado mengatakan, memasuki era kenormalan baru atau new normal, Bandara I Gusti Ngurah Rai menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Hal tersebut untuk ditujukan sebagai langkah pencegahan penyebaran Covid-19 melalui pergerakan orang dalam perjalanan udara.

“Kami mendasarkan penerapan kebijakan protokol kesehatan di bandar udara pada beberapa aturan dari pemerintah, baik pusat maupun dari Gubernur Bali. Kami telah berkoordinasi dan bersinergi dengan berbagai instansi, baik dengan sesama anggota komunitas bandar udara, maupun dengan instansi pemerintah yang tergabung dalam Satgas Penanggulangan Covid-19 Provinsi Bali,” ucapnya.

“Intinya, sistem dan infrastruktur penunjang telah berjalan dengan baik selama masa pengendalian perjalanan orang selama masa mudik Idul Fitri, serta untuk selanjutnya diterapkan di masa new normal ini,” sambung Herry.

Sebelumnya pada tanggal 6 Juni lalu, pemerintah melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, menerbitkan peraturan baru yang berlaku sebagai pedoman dalam pelaksanaan kegiatan transportasi.

Sesuai dengan peraturan yang tercantum dalam surat tersebut, calon penumpang pesawat udara diwajibkan untuk menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan. Dalam surat edaran tersebut diatur pula persyaratan bagi calon penumpang dalam mempersiapkan perjalanan udara.

“Dengan telah berakhirnya masa berlaku Permenhub No. 25 Tahun 2020, kini penerbangan komersial rute domestik telah dibuka kembali untuk masyarakat secara umum. Namun demikian, kami selaku pengelola salah satu pintu gerbang Bali tetap menjalankan protokol kesehatan di bandar udara secara ketat demi mencegah penyebaran Virus Corona melalui moda transportasi udara,” papar Herry. (agw)

BACA JUGA:  Elemen Mahasiswa di Bali Kembali Turun ke Jalan Tolak UU Cipta Kerja