Personel Kodim Karangasem Asah Kemampuan Menembak di Masa Pandemi Covid-19

Latihan menembak personel Kodim Karangasem. (FOTO : ist)

.com – Personel Kodim 1623/Karangasem mengikuti latihan menembak senjata ringan (Latbakjatri) dengan memanfaatkan fasilitas lapangan tembak Yon Zipur 18/YKR Gianyar.

“Kemampuan menembak senjata ringan baik itu jenis laras panjang atau pistol wajib dikuasai oleh prajurit TNI, karena profesionalisme dalam penguasaan alat peralatan seperti persenjataan menjadi hal yang sangat penting,” ujar Dandim 1623/Karangasem Letkol Inf Bima Santosa, Jumat (12/6/2020) di Karangasem.

Menurutnya, latihan menembak kali ini merupakan program kerja staf operasi di Tri Wulan II Tahun Anggaran 2020. Dirinya berharap latihan menembak ini akan semakin mengasah kemampuan yang dimiliki setiap prajurit, meskipun dinas dan tugas di satuan kewilayahan.

“Kemampuan menembak prajurit harus tetap terjaga, karena itu menjadi tuntutan profesionalisme TNI saat ini,” ungkap Letkol Bima Santosa.

Latihan menembak diikuti 154 orang anggota yang terdiri atas perwira, bintara dan tamtama dengan dipimpin Komandan Latihan atau Danlat Kapten Inf Arif Budi Santoso.

Kapten Budi yang juga Danramil 1623-01/Amlapura ini bertanggungjawab penuh dalam pengendalian pelaksanaan latihan dengan mengutamakan faktor keamanan.

“Mekanisme latihan menembak ini dilaksanakan yakni setiap prajurit yang memegang senjata laras panjang maupun pistol dijatah masing-masing 13 butir peluru, di mana 3 peluru untuk tembakan koreksi dan 10 peluru untuk tembakan penilaian,” jelasnya.

Dalam latihan diterapkan protokol kesehatan Covid-19 yaitu setiap personel harus melengkapi diri dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan latihan dibagi gelombang per gelombang.

“Penggunaan masker sudah menjadi bekal wajib dalam setiap pelaksanaan kegiatan, sesuai apa yang menjadi penekanan dari komando atas,” kata Kapten Budi. (agw)

BACA JUGA:  Kapal Pengangkut Ikan Ditemukan setelah Dilaporkan Hilang