Pasien Positif Covid-19 di Denpasar Bertambah 5 orang, Sembuh 5

I Dewa Gede Rai.

Beritabalionline.com – sebanyak lima pasien Covid-19 di Kota Denpasar dinyatakan sembuh pada Selasa (9/6/2020). Kelimanya diketahui berdomisili di Desa Tegal Harum, Kelurahan Peguyangan, Kelurahan Kesiman, Desa Sanur Kaja dan Kelurahan Sumerta.

Namun demikian, peningkatan kasus positif Covid-19 akibat transmisi lokal juga bertambah sebanyak lima orang. Masing-masing berdomisili di Desa Tegal Kertha, Kelurahan Pemecutan, Desa Pamecutan Kaja, Kelurahan Kesiman dan Kelurahan Sesetan.

“Kami baru saja mendapatkan laporan bahwa lima orang pasien positif Covid-19 di Kota Denpasar dinyatakan sembuh, namun demikian lima orang juga dinyatakan positif Covid-19 di Kota Denpasar akibat kasus transmisi lokal. Peningkatan kasus kembali terjadi, dan kita harus lebih waspada,” kata Dewa Rai.

Masyarakat diingatkan untuk selalu memperhatikan protokol kesehatan. Peningkatan kasus akibat transmisi lokal belakangan ini menunjukkan tren semakin meningkat. Hal ini memerlukan upaya disiplin dan sungguh-sungguh masyarakat.

“Diperlukan kesadaran dan kedisiplinan yang tinggi semua elemen masyarakat dalam memutus mata rantai Covid-19. Semua daerah di Bali dan luar Bali sudah terpapar Covid-19, mari bersama sama kurangi perjalanan atau aktivitas di luar rumah dan kontak langsung dengan orang lain, karena kita tidak mengetahui siapa yang membawa virus atau tidak, untuk itulah diperlukan kesadaran, kejujuran dan disiplin yang tinggi semua pihak,” ujar Dewa Rai.

Melihat perkembangan kasus itu, Dewa Rai mengingatkan bahwa kasus Covid-19 di Kota Denpasar belakangan ini terus meningkat. Selain kasus positif, keberadaan Orang Tanpa Gejala (OTG) masih menjadi ancaman penularan baru.

Ia juga menerangkan, secara kumulatif kasus Covid-19 di Kota Denpasar sebanyak 141 kasus positif. Rinciannya adalah 72 sembuh, 2 orang meninggal dunia dan 67 orang masih dalam perawatan.

BACA JUGA:  Angka Kesembuhan Pasien Corona di Denpasar Tembus 70,92 Persen

Sementara status OTG 842 kasus, 390 dinyatakan sehat setelah isolasi mandiri, sehingga tersisa 452 OTG. Kemudian, ODP secara akumulatif tercatat 308 kasus, sudah menjalani isolasi mandiri dan dinyatakan sehat sebanyak 270, sehingga masih tersisa 38 ODP.

“Dan PDP secara akumulatif sebanyak 99 kasus, namun 29 orang sudah dinyatakan negatif setelah menjalani swab test, sehingga tersisa 70 yang berstatus PDP,” demikian Dewa Rai. *tra