Napi Titipan Kejaksaan yang Sudah Inkracht di Polresta Denpasar Dipindah

Para tahanan di Mapolresta Denpasar. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Tahanan titipan Kejaksaan yang selama ini berada di sel rumah tahanan (Rutan) Polresta Denpasar dipindah ke Rutan Kelas II Bangli.

“Ada 8 orang tahanan titipan yang sudah dipindah karena sudah mempunyai kekuatan hukum tetap atau inkracht,” terang Kapolresta Denpasar AKBP Jansen Avitius Panjaitan, Jumat (5/6/2020) di Mapolresta Denpasar.

Dikatakan, secara kewenangan karena proses hukumnya sudah dilimpahkan ke Kejaksaan, tanggungjawab terhadap para tahanan bukan lagi urusan kepolisian.

Lantaran muncul wabah Covid-19 dan LP Kerobokan tidak menerima tahanan baru, maka pihak jaksa menitipkan tahanan ke kepolisian.

“Di sel yang kami miliki sebenarnya sudah over capacity, namun karena situasi dan untuk memperlancar proses penegakan hukum, maka kami menerima titipan tahanan,” jelasnya.

Saat ini kata AKBP Jansen, di Polresta Denpasar masih ada sekitar 30 orang tahanan titipan Kejaksaan dan sedang mengikuti proses persidangan.

Sebelumnya, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) mengeluarkan keputusan yakni memindahkan tahanan ke Lapas/Rutan.

Dilansir dari laman www.ditjenpas.go.id Nomor : PAS-PK.01.01.01-679 20 Mei 2020, keputusan ini diambil atas permintaan kepolisian dikarenakan terbatasnya ruang tahanan dan banyaknya tahanan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap (inkracht). (agw)

BACA JUGA:  Wagub Cok Ace Ajak Masyarakat Bali Tekuni Pertanian