Kapal Kargo Asal Semarang yang Hilang Ditemukan Tim SAR di Pulau Raas, Madura

Tim SAR temukan kapal kargo yang dikabarkan hilang. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Kapal Motor (KM) milik PT Odyssey Maritim Nusantara yang sempat dikabarkan hilang saat menuju Bima, Nusa Tenggara Timur akhirnya ditemukan tim SAR gabungan.

Kapal kargo tersebut ditemukan sekitar 27,4 NM atau 105,5 kilometer di sebelah timur dari Pulau Raas, Sumenep Madura, Jumat (5/6/2020) sekitar pukul 10.30 Wita.

“Posisi kapal bergeser sejauh 57,8 NM arah barat laut dari titik terakhir kapal terpantau pada aplikasi Vessel Finder di tanggal 30 Mei 2020,” terang Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) Gede Darmada, Jumat (5/6/2020) di Denpasar.

Darmada mengatakan, lantaran proses pencarian yang dilakukan kemarin, Selasa (4/6/2020) tidak memberikan hasil, KN SAR Arjuna 229 sandar dan tim SAR kemudian bermalam di Pulau Sapeken.

“Kemarin malam sekitar pukul 22.45 Wita, keberadaan kapal kembali terdeteksi di aplikasi Vessel Finder dan terpantau dengan kecepatan lambat,” ungkap Darmada.

Melihat tanda-tanda tersebut, KN SAR Arjuna 229 lepas sandar dari Pelabuhan Sapeken menuju posisi koordinat sesuai aplikasi Vessel Finder untuk memastikan keberadaan kapal.

Benar saja, kapal yang bertolak dari Semarang, Jawa Tengah ini akhirnya ditemukan.

“Kondisi mesin utama kapal dalam keadaan baik dan siap berlayar, hanya generator masih belum bisa dipastikan. Seluruh ABK juga dalam keadaan sehat,” jelasnya.

Darmada mengatakan, usai ditemukan, tim SAR lalu mencoba membantu menyalakan generator. Untuk sementara kapal masih berada di sekitar Pulau Kangean sembari menunggu perbaikan.

“Sekarang kapal sepenuhnya menjadi tanggungjawab pemilik kapal,” ucap Darmada.

Diberitakan sebelumnya, KM Odyssey dengan 21 POB (awak) yang bertolak dari Semarang, Rabu (20/5/2020) malam dengan tujuan Bima hilang kontak. Kapten kapal sempat melakukan komunikasi, Jumat (29/5/2020). (agw)

BACA JUGA:  Kantor PLN Bali Dapat Ancaman Teror Bom, Brimob Polda Bali Ledakkan Benda Mencurigakan