Rawan Bencana, Kodim Karangasem Gelar Latihan Posko I

Latihan Posko I di Kodim Karangasem. (FOTO : Ist)

Beritabalionline.com – Kodim 1623/Karangasem melakukan Latihan Posko I guna meningkatkan kemampuan dalam operasi bantuan penanggulangan bencana alam di wilayah Kabupaten Karangsem.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan operasional Kodim 1623/Karangasem bersama jajarannya, khususnya dalam mengimplementasikan protap-protap yang ada,” ujar Kasrem 163/Wira Satya Letkol Kav Jacob Janes Patty saat membuka latihan, Rabu (3/5/2020) di Karangasem.

Sementara Dandim 1623/Karangasem Letkol Inf Bima Santosa menerangkan, Latihan Posko 1 yang diselenggarakan oleh Korem 163/Wira Satya akan berlangsung selama tiga hari, 3-5 Mei 2020.

Sebagai pelaku Latihan Posko 1, pihaknya berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Karangasem, serta menjelaskan tentang mekanisme atau berbagai langkah terkait penanggulangan bencana alam yang mungkin terjadi di wilayah Kodim 1623/Karangasem.

Dijelaskan, Latihan Posko I merupakan metode latihan taktis tanpa pasukan yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan prosedur hubungan komandan dan staf dalam merencanakan, mempersiapkan operasi, melaksanakan olah yudha.

“Selain itu juga menyelenggarakan komando pengendalian operasi dan menyelenggarakan implementasi prosedur tata kerja yang berlaku di suatu pos komando serta, melaksanakan operasi bantuan menanggulangi akibat bencana alam dan pengungsian serta pemberian bantuan kemanusiaan,” ucapnya.

Menurutnya, dengan kegiatan Latihan Posko 1 diharapkan personel Kodim 1623/Karangasem mampu memantapkan tugas-tugas yang didapatkan dengan kemampuan yang memadai khususnya dalam menanggapi, menangani dan menyelesaikan suatu permasalahan dengan cepat dan tepat.

“Sehingga tidak berkembang menjadi kerawanan yang mempengaruhi stabilitas keamanan dan menghambat pembangunan di daerah,” tegasnya. (agw)

BACA JUGA:  Wagub Cok Ace Dikukuhkan sebagai Guru Besar ISI Denpasar, Ini Kata Gubernur KosterRaih Gelar Profesor