Danrem Sebut Makna Luhur Pancasila Diimplementasikan untuk Bantu Sesama

Peringatan Hari Lahir Pancasila di Korem 163/Wira Satya. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Banyak agenda rutin tidak dapat digelar secara maksimal sejak merebaknya virus Corona di Indonesia. Salah satunya peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni 2020.

“Kegiatan peringatan Hari Lahir Pancasila berbeda pelaksanaan dari tahun-tahun sebelumnya. Tidak ada upacara peringatan yang melibatkan masyarakat atau kegiatan dalam bentuk perayaan, tetapi kali lebih banyak dilakukan secara virtual,” terang Danrem 163/Wira Satya Kolonel Inf Husein Sagaf, Selasa (2/6/2020) di Denpasar.

Dikatakan, peringatan Hari Lahir Pancasila dipusatkan di Istana Bogor yang dipimpin oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo secara virtual.

Di Korem peringatan digelar di Ruang Rapat Tanah Aron dengan dipimpin Danrem 163/Wira Satya Kolonel Inf Husein Sagaf dengan diikuti Kasrem, Para Kasi dan Perwira Staf Korem 163/Wira Satya lainnya.

Kendati demikian terang Danrem, hal itu tidak mengurangi esensi dan makna dari ideologi dan falsafah Pancasila yang mampu sebagai perekat dan pemersatu bangsa Indonesia.

Dijelaskan, Pancasila banyak mengandung nilai-nilai luhur mulai dari nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan dan kesatuan, musyawarah mufakat, keadilan sosial termasuk nilai gotong royong.

“Maka nilai-nilai luhur tersebut sangat bisa kita implementasikan dalam situasi menghadapi pandemi Covid-19 di negara kita Indonesia,” jelas Danrem.

Secara khusus, Danrem meminta seluruh jajaran Korem 163/Wira Satya menjadikan peringatan Hari Lahir Pancasila sebagai momentum untuk lebih memotivasi kinerja personel maupun satuan dalam melaksanakan semua tugas pokok di kewilayahan.

“Saat ini negara memanggil kita untuk berperan dalam membantu pemerintah dalam percepatan penanganan Covid-19, maka semua harus dilakukan dengan totalitas,” papar Danrem. (agw)

BACA JUGA:  Pasien Sembuh COVID-19 di Bali Bertambah 6 Orang, Total Jadi 166 Orang