Bupati Suwirta Serahkan Sembako kepada Keluarga Mantan Pejabat Terpapar Covid-19

Bupati Nyoman Suwirta menyerahkan paket sembako kpada keluarga mantan pejabat yang terpapar covid-19.(foto:ist)

Beritabalionline.com – Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menyerahkab bantuan paket sembako kepada keluarga mantan pejabat di Pemkab Klungkung yang terjangkit covid-19.

Bantuan tersebut diterima secara simbolis oleh Bendesa Adat Desa Semarapura Kota dan para pecalang yang tugas di posko yang dibangun di depan pintu gerbang rumah keluarga pensiunan tersebut di Jalan Cempaka Semarapura, Selasa (2/6/2020).

Pada penyerahan bantuan paket sembako tersebut, Bupati Suwirta didampingi Sekda Klungkung, I Gede Putu Winastra, Plt. Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Wayan Sumarta dan Kalak BPBD Klungkung,  Putu Widiada.

Bantuan sembako tersebut untuk enam kepala keluarga (KK) atau 21 jiwa yang tinggal di satu pekarangan rumah tersebut. Empat orang diantaranya telah dirawat di RSU Sanglah karena telah dinyatakan positif, sisanya saat ini telah diisolasi mandiri dengan dijaga oleh para pecalang adat setempat.

“Bantuan ini kita berikan sebagai bentuk dukungan dan tanggung jawab selaku pemerintah kepada seluruh anggota keluarga yang saat ini tengah menjalani isolasi mandiri di dalam rumah,” ujar Bupati Suwirta di sela-sela penyerahan bantuan tersebut.

Kepada seluruh warga yang tinggal di sekitar lingkungan tempat itu, Bupati Suwirta meminta untuk menjaga situasi agar tetap kodusif, tenang dan tetap normal sehingga lingkungan tidak terkesan seram.

“Lakukanlah kegiatan seperti biasa sehingga tidak menimbulkan kesan menakutkan sehingga akan dapat menurunkan imun tubuh kita,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Bupati Suwirta menambahkan bahwa seluruh orang yang tinggal di dalam area pekarangan rumah tersebut juga telah menjalani  swab test dan saat ini tengah ditunggu hasilnya.

Begitu juga orang orang yang pernah kontak fisik dengan keluarga yang positif Covid-19 yang berada di luar pekarangan rumah, juga telah menjalani rapid test.  Jika ditemukan kembali ada yang positif, maka akan langsung dievakuasi untuk selanjutnya dirawat. Jika hasilnya negatif, orang orang ini selanjutnya dianjurkan untuk lanjut melakukan karantina mandiri minimal 14 hari.

BACA JUGA:  Gubernur Koster Kucurkan Dana BST-PT Rp13,8 M untuk 9.412 Mahasiswa

Setelah menyerahkan di Kecamatan Dawan, Bupati I Nyoman Suwirta kembali menyerahan secara simbolis bantuan CSR berupa sembako kepada warga lansia (lanjut usia) kurang mampu di Kecamatan Klungkung.

Pada kesempatan itu, Suwirta didampingi Sekda Gede Putu Winastra dan Plt. Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Wayan Sumarta.

Bantuan ini diserahkan untuk mengurangi beban warga lansia utamanya yang kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari di tengah pandemi Covid-19.

Lansia yang disambangi diantaranya di Kelurahan Semarapura Klod sebanyak 35 orang, Semarapura Kaja 1 orang, Desa Tojan 14 orang dan Desa Kamasan 11 orang .

“Semoga bantuan ini bisa benar-benar mengurangi beban warga kita utamanya para lansia yang kurang mampu dalam menghadapi dampak pandemi Covid-19. Terima kasih saya ucapkan kepada para donatur yang telah menjalin tali kasih lewat bantuan ini,” ujar Bupati Suwirta.

Plt. Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Wayan Sumarta mengatakan paket sembako ini sebelumnya diterima dari para donatur yakni Sampoerna Retail Community Klungkung, BPR Tridharma Putri dan ACT untuk selanjutnya didata di Dinas Sosial.

Sembako tersebut selanjutnya disalurkan merata di semua kecamatan di Kabupaten Klungkung. Masing masing kecamatan akan diberikan sebanyak 150 paket. (huk)