Lolos Verifikasi, SMSI Resmi Jadi Konstituen Dewan Pers

Ketua SMSI Firdaus.

Beritabalionline.com – Ketua Umum Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Firdaus mengajak seluruh pengurus SMSI di Tanah Air sujud syukur, karena secara resmi organisasi yang menaungi media online itu telah menjadi konstituen Dewan Pers terhitung tanggal 23 Mei 2020.

Langkah pertama yang bakal dilakukan SMSI di seluruh Indonesia, kata Firdaus, adalah melakukan verifikasi terhadap media online di daerahnya masing-masing.

“Kita secara bersama seluruh Pengurus Pusat dan Daerah serta seluruh anggota SMSI seluruh Indonesia siap mengemban amanah Dewan Pers. Mungkin saja salah satu tugas yang segera akan kita lakukan adalah verifikasi seluruh media online yang bernaung di bawah bendera SMSI,” ucap Firdaus.

Masuknya SMSI menjadi konstituen Dewan Pers, kata Firdaus, setelah menempuh perjalanan panjang berliku mengikuti seluruh rangkaian verifikasi administrasi dan faktual yang dilakukan Dewan Pers. Sahnya SMSI masuk menjadi salah satu konstituen Dewan Pers, lanjut dia, diputuskan dalam rapat Pleno Dewan Pers pada Sabtu (23/5/2020).

“Keputusan ini disambut gembira ratusan Pengurus SMSI Provinsi yang tersebar di seluruh Indonesia. Setelah mendengar kabar tersebut, WA grup Pengurus SMSI seluruh Indonesia, sejak Sabtu hingga Minggu 24 Mei 2020, riuh penuh ucapan syukur. Umumnya para pengurus menyebut lolosnya SMSI menjadi konstituen Dewan Pers adalah hadiah Idul Fitri terbesar bagi SMSI tahun 2020,” ujar Firdaus dalam siaran persnya yang diterima beritabalionline di Denpasar, Minggu (24/5/2020).

Dikatakan Firdaus, SMSI merupakan organisasi media online yang lahirnya dibidani oleh para tokoh wartawan tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pada tiga tahun silam. Kini bisa bernafas lega karena perjuangan panjang selama tiga tahun untuk menjadikan SMSI sebagai salah satu organisasi konstituen Dewan Pers, terwujud.

BACA JUGA:  Mantan Wapres Try Sutrisno Usulkan UUD 1945 Kembali ke Naskah Asli
Wakil Ketua Dewan Pers, Hendri Ch Bangun.

Beritabalionline.com – Pria berkacamata minus yang juga salah seorang Pengurus Pusat PWI ini menyatakan bahagia dan rasa syukur atas sukses yang diraih SMSI menjadi salah satu konstituen Dewan Pers.

“Rapat Pleno Dewan Pers langsung dipimpin Ketua Dewan Pers, Mohammad Nuh di Gedung Dewan Pers Jakarta sudah mengetok palu dan menyatakan SMSI lolos sebagai salah satu konstituen Dewan Pers dengan suara bulat,” ujar Firdaus.

Masuknya SMSI menjadi konstituen Dewan Pers, dibenarkan oleh Wakil Ketua Dewan Pers Hendri Ch Bangun. “Benar, melalui Pleno Dewan Pers pada hari Sabtu (23/5/2020) diputuskan SMSI menjadi konstituen Dewan Pers sejak hari itu,” imbuh Hendri Ch Bangun.

Menurut dia, SMSI telah melewati rangkaian verifikasi baik administrasi maupun vaktual selama ini, dan hasilnya, melalui rapat Pleno Dewan Pers diputuskan bahwa SMSI lolos verifikasi dan kini resmi menjadi salah satu konstituen Dewan Pers.

Selain SMSI, pada rapat Pleno Dewan Pers tersebut juga memutuskan AMSI (Asosiasi Media Siber Indonesia) lolos verifikasi dan bersama SMSI menjadi konstituen baru Dewan Pers. Dengan demikian, SMSI dan AMSI akan bersama-sama delapan organisasi lainnya yang telah terlebih dahulu menjadi konstituen Dewan Pers, yakni, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Serikat Perusahaan Pers (SPS), Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI) serta Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI) dan Pewarta Foto Indonesia (PFI). (ist)