Ratusan Prajurit Kodam IX/Udayana Jalani Rapid Test

Rapid test terhadap personel Kodam IX/Udayana. (foto : Agung Widodo/Beritabalionline.com)

Beritabalionline.com – Personel Kodam IX/Udayana dilakukan rapid test. Kegiatan tersebut tidak saja diikuti prajurit berpangkat tamtama dan bintara, namun juga diikuti perwira pertama dan perwira menengah.

“Hari ini ada 150 prajurit kita dilakukan rapid test,” ujar Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, Rabu (20/5/2020) di sela-sela pelaksanaan rapid test yang digelar di aula Makorem 163/Wira Satya, Denpasar.

Tidak hanya di rapid test, Pangdam juga meminta kepada BPBD Provinsi Bali agar para prajurit TNI serta petugas dari institusi lain yang terlibat dalam penanggulangan Covid-19 di tes swab.

“Nanti pada saat situasi yang memungkinkan, kita akan minta kepada pak Made Rentin (Kalaksa BPBD Bali) untuk di swab juga semuanya, jangan cuma TNI, supaya mereka juga PD, bahwa saya aman, yakin jika dia melaksanakan tugas juga terlindungi,” tegas Pangdam.

Dijelaskan oleh Pangdam, pelaksanaan rapid test guna memperingati HUT ke 63 Kodam IX/Udayana ini juga menyasar masyarakat umum sebanyak 250 orang.

“Rapid test terhadap 250 orang tersebut berlangsung di bagian pelayanan umum RSAD Udayana Denpasar,” paparnya.

Alasan dilakukan rapid test terhadap masyarakat umum dikarenakan masyarakat sering berinteraksi dengan satu sama lain, memegang benda dan lainnya.

“Contoh tukang parkir dan petugas kebersihan jalanan, dengan rapid test diharapkan lingkungan jadi steril. Jika ada yang reaktif, maka kita koordinasi dengan satgas untuk dilakukan penanganan,” ucap Pangdam.

Selain rapid test, juga digelar donor darah dan pemberian paket sembako kepada para veteran, pecalang, serta masyarakat yang membutuhkan. (agw)

BACA JUGA:  Bupati Giri Pastikan PHK di Badung Dapat Insentif