Pemerintah Pusat Nilai Bali Mampu Atasi COVID-19, Ini Penjelasan Pangdam

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto. (foto : Agung Widodo/Beritabalionline.com)

Beritabalionline.com – Pemerintah Pusat menilai penanganan Covid-19 di Provinsi Bali berjalan dengan baik lantaran berhasil melakukan penanggulangan penyebaran virus Corona.

“Semua komponen telah bekerja, baik itu pemerintah, legislator, TNI, Polri serta komponen masyarakat yang lainnya, sehingga Satgas Nasional menilai Bali sebagai provinsi yang cukup berhasil dalam menanggulangi penyebaran Covid-19,” ujar Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto di sela kegiatan sosial di Denpasar, Rabu (20/5/2020).

Pangdam menyatakan, keberhasilan ini lantaran Satgas Penanganan Covid-19 mampu merumuskan tugas dengan baik, serta seluruh pihak yang terlibat dalam satgas mulai dari tingkat Provinsi hingga Kabupaten sepakat menjalankan komitmen tersebut.

“Bekerja dan terkoordinir dengan baik, itu yang menjadi keberhasilan penanganan di Bali,” tegas Pangdam.

Dijelaskan, awalnya Provinsi Bali bukan wilayah pandemi Covid-19. Namun seiring kedatangan masyarakat dari luar Bali serta Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Bali yang pulang, maka terjadi penyebaran virus Corona.

“Dari data di Dinas Tenaga Kerja Provinsi Bali, ada sekitar 20 ribu pekerja migran asal Bali, saat ini yang sudah pulang sekitar 11 ribuan hampir 12 ribu, dan sisanya akan terus datang secara bertahap,” papar Pangdam.

Untuk menekan bahkan memutus mata rantai penyebaran virus Corona di Bali, Pangdam meminta masyarakat untuk mematuhi imbauan yang dikeluarkan pemerintah.

“Kita-kita ini para aparat tidak akan pernah mampu mewujudkan pencegahan penyebaran Covid-19, tanpa dukungan masyarakat. Bentuk dukungan seperti apa, ya kedisiplinan mematuhi protokol kesehatan,” kata Pangdam. (agw)

BACA JUGA:  Wisatawan Inggris Hilang di Pecatu, Petugas Temukan Surat Permohonan Maaf Kepada Sang Kekasih