Bupati Suwirta Tekankan Desa Harus Bertekad Entaskan Kemiskinan

Bupati Suwirta serahkan BLT non DTKS.(foto: ist)

Beritabalionline.com – Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta berpesan kepada perangkat desa agar dana alokasi desa diprioritaskan untuk mengatasi kemiskinan, bukan untuk membangun kantor desa maupun batas desa.

 “Perangkat desa harus memiliki tekad dalam mengentaskan kemiskinan di desa masing-masing,” ujar Bupati Suwirta di sela-sela menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa di Desa Timuhun,  Selasa (19/5/2020).

Menurut Bupati Suwirta, yang terpenting dari kantor bunganlah bangunan kantornya, melainkan kebersihan, kenyamanan dan SDM yang ada di dalamnya harus memahami tupoksi yang harus dikerjakan. “Jadi dana alokasi desa bukan untuk membangun kantor maupun membangun batas desa,” tandasnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Suwirta kembali menyerahkan BLT non DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) sebesar Rp600 ribu selama tiga bulan. BLT non DTKS yang sudah diserahkan  yakni di  Desa Timuhun, Selisihan, Tegak, Manduang, Satra, dan Desa Dawan Klod.

Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa ini diperuntukkan bagi warga dengan beberapa kriteria yakni, warga miskin yang kehilangan mata pencaharian karena Covid-19, menderita penyakit kronis dan masyarakat desa tersebut belum pernah mendapatkan bantuan apapun. 

Serahkan Sembako 

Pada hari yang sama di tempat terpisah, Pemkab Klungkung kembali menyalurkan paket sembako bagi lansia, disabilitas dan ODGJ. Bantuan CSR dari sejumlah lembaga untuk warga kurang mampu dan terdampak Covid-19 itu diserahkan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Plt. Kadis Sosial, P3A Klungkung Wayan Sumarta, Selasa (19/5).  Sebanyak 300 paket akan disalurkan di Dinas Sosial Klungkung dalam dua tahap, Selasa (19/5) dan Rabu (20/5).

Dalam penyerahan itu tetap mengikuti standar protokol kesehatan, jarak para penerima diatur sedemikian rupa. Bupati Suwirta berharap penerima sembako bisa memanfaatkan bantuan dengan baik. Warga juga diingatkan untuk selalu mengikuti imbauan pemerintah guna memutus penyebaran Covid-19. (huk)

BACA JUGA:  Wagub Cok Ace Dukung Pembentukan Komite Nasional Disabilitas